2 Hal Yang Dapat Membuat Anda Terlihat Berbeda di Kantor

Tulisan kali ini akan membahas mengenai karir dan pekerjaan. Mungkin akan terdiri dari beberapa seri tulisan yang sepertinya tidak akan keluar secara berurutan. Tulisan-tulisan mengenai karir ini terinspirasi dari beberapa tulisan, opini yang pernah saya baca dan tentunya pengalaman pribadi yang turut memvalidasi hal tersebut.

Semua orang tentu ingin mendapatkan karir atau pekerjaan yang dapat memenuhi ambisi pribadinya. Ambisi ini bisa terkait pengembangan pribadi, kompensasi, pengalaman dan kombinasi ambisi lainnya.  Dalam tulisan ini ada 2 hal yang menurut saya dapat mendorong seseorang akan terlihat di tengah kerumunan rekan sekerja atau komunitas.

  1. Inisiatif

Inisiatif akan muncul jika anda memiliki kepedulian untuk terlibat dalam suatu hal atau keinginan untuk menyelesaikan suatu masalah/tantangan. Jika kepedulian/keinginan tersebut sudah ada tentu langkah selanjutnya , menguasai permasalahan yang dihadapi dan solusi yang diperlukan seperti apa.

Contoh kasus seperti ini. Beberapa tahun silam, karena ada situasi tertentu, seluruh karyawan diwajibkan melaporkan posisinya kepada atasan masing-masing. Baik yang sedang di kantor, perjalanan dinas maupun cuti. Ada 1 orang rekan yang hingga beberapa saat belum dapat dihubungi. Kebetulan perangkat komunikasinya sedang bermasalah. Atasan rekan itupun meminta bantuan ke beberapa rekan lainnya untuk menghubungi kerabat dari 1 orang yang belum dapat dihubungi. Ada yang mencoba menghubungi via media sosial, akan tetapi sepertinya responnya akan lama. Kebetulan pekerjaan saya sedang tidak banyak saat itu, saya pun berinisiatif untuk membantu atasan rekan tersebut. Saya teringat bahwa HRD tentu menyimpan kontak dari keluarga setiap karyawan. Langsung saja saya kontak HRD dan jelaskan situasi yang kami hadapi. Dan sisanya adalah sejarah…

 

  1. Lakukan lebih dari yang diharapkan

Going extra miles, under promise over delivery, beberapa dari kita mungkin sering mendengar jargon seperti di atas. Kata seorang kawan, mudah diucapkan tetapi sering terbentur prioritas lain. Pengejawantahannya cukup beragam, tergantung dari situasi dan peluang yang kita punyai.

Singkatnya, lakukan pekerjaan yang melebihi ekspektasi orang lain, baik atasan, rekan kerja lintas bagian ataupun klien kantor kita. Lakukan hingga orang lain menyadari pencapaian tersebut. Kompensasinya bisa saja dari kantor kita sendiri atau dari kantor lainnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s