KMT

Kartu Multi Trip (KMT) yang dipergunakan untuk mengakses layanan jalur commuter line adalah salah satu dari sekian banyak jenis kartu yang tersedia. Diantaranya kartu Tiket Harian Berjaminan (THB) yang dipakai oleh pengguna commuter line non-reguler alias dadakan dan kartu e-money yang dikeluarkan oleh beberapa bank yang bekerja sama dengan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI).

Cara penggunaannya cukup mudah, pengguna memastikan ada sado minimal sebesar 5000 + estimasi biaya antara stasiun keberangkatan dan stasiun tujuan. Kemudian pengguna cukup melakukan tapping baik pada gerbang masuk maupun gerbang keluar.

Yang menarik adalah, seharusnya, KMT dan kartu-kartu lainnya mempunya identitas unik untuk setiap kartunya. Dan, jika, PT KCI menyimpan data ID unik beserta rute yang ditempuh setiap ID unik, tentu akan menjadi potensi pengembangan yang baik ke depannya.

Misalkan, PT KCI dapat meramalkan penambahan gerbong/jadwal atau perubahan jadwal untuk mengakomodasi kenaikan jumlah pengguna layanan PT KCI, dengan melihat dari tren kenaikan yang ada. Atau melihat seberapa besar kecenderung pengguna mengikuti jadwal ketimbang jadwal mengikuti keinginan pengguna.

Di sisi lain, dengan terhubungnya layanan PT KCI dan ojek online sebagai angkutan yang menjadi pilihan baik menuju kantor ataupun sebaliknya, dapat dijadikan salah satu rujukan dalam menentukan rute tambahan angkutan umum yang baru. Bersaing dengan ojol ataupun angkot yang sudah ada sebelumnya. Angkutan umum yang baru ini sebaiknya jangan berupa angkot lagi. Lebih baik berupa bus berukuran sedang yang dimiliki oleh Kopaja AC ataupun Trans Jakarta. Tentu saja diperlukan perhitungan lebih lanjut baik sisi ekonomis maupun kebutuhan untuk rute atau trayek yang baru tersebut.

Iklan

2 Comments

  1. Aku kira KRMT RS, Ndo :B

    Yang jadi pertanyaanku, kenapa pakai KMT? Toh bisa pakai kartu prabayar dari bank kan Ndo. Apa yang menjadi nilai lebih KMT? Bisa dipakai jadi gelang?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s