Dana Asing di Pasar Modal

Beberapa waktu belakangan, berseliweran berita tentang dana asing yang pergi dari pasar modal Indonesia. Sebagian karena naiknya suku bunga di AS. Keluar masuknya dana asing ini sebenarnya hal yang biasa, sama biasanya dengan naik turunnya IHSG.

Tetapi jika penurunan dana asing di pasar modal dikombinasi dengan indikator ekonomi lain yang melemah, tentu sedikit banyak akan memaksa investor baik lokal maupun asing untuk terus mengamati suasana di Indonesia.

Sejak dulu saya penasaran dengan definisi dana asing ini. Apakah definisi asing ini berdasarkan status broker saham atau kewarganegaraan pemilik modal. Menurut tulisan pak Rudyanto ini,

  • Asing dan Domestik (Huruf F dan D pada online trading saham) adalah ditetapkan berdasarkan status kewarganegaraan investor yang diisi pada saat formulir pembukaan rekening. Artinya jika investor mengisi statusnya WNI maka mau transaksi via broker lokal ataupun asing, setiap transaksinya akan dianggap transaksi Domestik, hal yang sama berlaku juga untuk investor asing.
Iklan

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s