Daftar Pabrikan Kabel di Indonesia

Beranjak dari meningkatnya kunjungan ke tulisan tentang pabrikan trafo, menarik jika ulasan mengenai pabrikan produk kelistrikan di Indonesia diteruskan lagi.

Kali ini yang dibahas adalah kabel. Saat masih SMP, saya pernah mendengar bahwa kabel berasal dari kosakata Arab, Hablu (penghubung ?). Kemudian diserap oleh bahasa Inggris menjadi Cable dan dipergunakan di Indonesia menjadi kabel. Kabel adalah jenis penghantar listrik yang diisolasi atau diselubungi material non konduktif (bukan penghantar). Biasa dipasang di lokasi yang terjangkau oleh manusia. Sedangkan konduktor telanjang umumnya dipergunakan sebagai penghantar di udara. Jika anda perhatikan saluran transmisi tegangan tinggi 150 kV ke atas, SUTT ini menggunakan

1. Sumi Kabel : PMA yang berdiri di awal dekade 80an ini, merupakan salah satu pemain besar di industri kabel Indonesia. Pabrik berlokasi di Tangerang dan saat melakukan tur pabrik, sangat terkesan dengan keteraturan tata letak dan tata kerjanya. Saya pernah menggunakan kabel MV XLPE nya untuk salah satu proyek PLTD di Sulawesi.

2. Supreme Cable : dikenal juga dengan Sucaco dan memiliki pabrik di kawasan Jakarta Barat serta fasilitas yang terintegrasi. Sependek pengetahuan saya, Sucaco memiliki anak perusahaan yang bergerak di pengolahan tembaga serta material pendukung produksi kabel lainnya. Katalognya cukup lengkap dan sering menjadi rujukan saat membuat perhitungan dan pemilihan kabel yang akan dipergunakan. Kabel MV Sucaco ini pernah saya pakai untuk salah satu proyek di pabrik pengolahan FeNi (Ferro Nikel) di Indonesia. Karena kabel eksisting juga mempergunakan kabel Sucaco ini.

3. Kabel Metal Indonesia : berdiri pada tahun 1972 dengan nama Kabelmetal Indonesia dan sempat berubah menjadi GT Kabel setelah dibeli oleh grup Gajah Tunggal. Pabriknya terletak di kawasan Cakung, Jakarta. Beberapa tahun yang lalu, sempat melihat iklannya di pintu keluar bandara Adi Soemarmo, Semarang.

4. Prysmian Cable : pabrikan ini memiliki fasilitas produksi di Cikampek. Sekitar tahun 2009, pernah berkunjung ke pabriknya untuk melaksanakan FAT ( Factory Acceptance Test) untuk kabel XLPE 150 kV ukuran 800mm2 dan 1200mm2. Kabelnya sendiri diproduksi di pabrik Malaysia, saat itu. Info terakhir, pabrik Cikampek sudah mampu memproduksi hingga tegangan 150 kV selain produksi kabel LV dan kontrol.

5. Voksel Kabel : sudah beberapa kali pesan kabel LV merek ini untuk proyek di Filipin. Lumayan untuk meningkatkan nilai ekspor Indonesia. Tetapi belum pernah ikut tur pabriknya. Untuk beberapa tipe produk LV & Control Cable, Voksel sering menyimpan cukup banyak stok cadangan. Cukup membantu untuk proyek yang mengalami salah perhitungan panjang kabel yang diperlukan. Harganya terbilang bersaing terutama untuk kuantitas banyak.

6. Jembo Kabel : cukup banyak proyek yang saya tangani menggunakan kabel maupun konduktor produksi Jembo ini. Durasi produksi umumnya tidak berbeda jauh dengan kesepakatan saat mengeluarkan PO. Kalau diperingkat, masuk level kompetisi yang sama dengan Voksel kabel.

Diluar 6 pabrikan kabel di atas, masih banyak pabrik yang memproduksi baik kabel maupun konduktor. Salah satu referensinya bisa dilihat di situs Asosiasi Pabrik Kabel Indonesia.

 

Iklan

5 Comments

    1. PROPOSAL KERJASAMA

      Kepada Yth,
      CEO / Dirut (Pimpinan Perusahaan) Import Dept.
      Salam Sejahtera,
      Kami dari PT. FAJARINDO BUANA EXPRESS, adalah sebuah Perusahaan yang bergerak di bidang Expedisi International Freight Forwarder untuk Pengurusan import di Kepabeanan (PPJK) baik Via Laut maupun Via Udara, UNDERNAME,All In dan Borongan, dan melayani Domestik jasa pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia, kami berkeinginan untuk memperkenalkan Perusahaan kami kepada Perusahaan Bapak/Ibu, dengan harapan akan menjalin kerjasama dalam pengembangan untuk pengurusan Export Import dan Domestik khususnya dalam proses di Kepabeanan dan Transportasi.

      PT.FAJARINDO BUANA EXPRESS, melayani kebutuhan transportasi untuk tujuan sbb:
      1. Sumatra, Jawa dan Bali : Darat ,Laut dan Udara
      2. Indonesia Timur : Laut dan Udara

      Kami juga menyediakan UNDERNAME, All In (Borongan) bagi Import yang belum memiliki Licency berdasarkan Commodity.

      Licency Import dari kami diantaranya:
      1. API-U, SRP / NIK
      2. UNPICK (Electronik, Mesin dan Toys), IT (Makanan , Besi / Baja)

      Wilayah Kerja UNDERNAME / All IN,
      1. Pelabuhan Jakarta 2. Pelabuhan Lampung
      3. Pelabuhan Semarang 4. Pelabuhan Surabaya

      Demikianlah proposal kerjasama, Jasa & Transportasi yang dapat kami ajukan, besar harapan kami bila sudikiranya Bapak/Ibu menjadikan kami sebagai salah satu mitra kerjasama yang baik,
      Atas segala perhatian dan partisipasinya kami ucapkan terima kasih.

      Hormat kami
      PT. FAJARINDO BUANA EXPRESS.

      D E N N Y
      Office : Jl. Edam 2 No. 21 A Jakarta Utara Tj. Priuk (PPJK)
      Jl. Letjend Soeprapto Gd. Arcici Lt. 3 R 304

      Phone : 021- 4287 3779
      Faximil : 021- 4288 5177
      E-mail : denny.fbe1@gmail.com

      WE OFFERING TRANSPORTION SPECIALITY SERVICE:
      CUSTOMS CLEARANCE, GENERAL TRADING & SUPPLIER, SHIP OWNER OPERATOR (RORO-CARGO VESSEL-TUG & BARGE-LCT-BULK CARRIER-TANKER-SHIP BROKERAGE), SHIPS TRANSPORTATION AGENCY, STEVEDOORING & CARGO DOORING, WAREHOUSING, INLAND, LCL CONSOLIDATION,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s