Membaca 1000 Halaman per Hari

Semalam, ada cuitan menarik dari salah seorang yang saya ikuti akun twitternya. Dari salah satu perbincangan dengan rekannya yang lain, beliau menyebutkan kemampuan (atau kebiasaan ?) koleganya dalam membaca berkas hingga 1000 halaman per hari.

Saya langsung berkaca pada diri sendiri. Menurut catatan saya, jumlah halaman terbanyak yang pernah saya baca dalam 1 hari adalah sekitar 573 halaman. Novel Api Tauhid karya kang Abik. Kira-kira 8 jam bersih saya selesaikan untuk menyelesaikan novel ini. Jadi kecepatan membaca saya sekitar 1,4 halaman per menit.

Kembali ke kemampuan membaca 1000 halaman per hari secara rutin. Hal ini terbentuk oleh rutinitas pekerjaan dan yang bukan pekerjaan. Jika pekerjaan kita menuntut untuk membaca dokumen yang beragam, tentu hal tersebut akan mempermudah dalam membentuk kemampuan tersebut. Membaca disini bukan sekedar melihat rangkaian kalimat semata, tetapi lebih dalam lagi, membaca untuk mendapatkan informasi penting serta menghubungkan hal-hal penting baik yang ada di dalam dokumen tersebut maupun dengan hal-hal yang sudah kita ketahui sebelumnya.

Bagaimana jika pekerjaan kita menyisakan sedikit waktu untuk membaca? Dari beberapa biografi pemimpin yang kutu buku, mereka mengalokasikan waktu di malam hari secara rutin setiap harinya untuk membaca. Terkadang, malam hari sepulang kerja, energi untuk aktivitas lain rasanya sudah habis. Maka, waktu subuh menjadi pilihan yang masuk akal.

Selain alokasi waktu khusus untuk membaca, perlu dipertimbangkan untuk menguasai teknik membaca cepat. Teknik ini diperlukan jika anda dihadapkan pada buku/dokumen dalam jumlah besar yang perlu dibaca dalam waktu singkat. Banyak tutorial singkat yang mengajarkan teknik membaca cepat ini. Tentu perlu disesuaikan dengan gaya dan kebutuhan setiap orang.

Iklan

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s