Beli atau Sewa

Lebih baik membeli atau menyewa?  Semua tergantung dari tujuan yang hendak dicapai. Saya ambil contoh sewa kendaraan operasional kantor. 
Jika bagian pembelian mampu bernegosiasi untuk mendapatkan kontrak sewa yang mencakup ketersediaan mobil dengan spesifikasi tertentu termasuk biaya pemeliharaannya dengan nilai yang tidak berbeda jauh dibandingkan membeli sendiri, katakan 20-30% selama periode tertentu.  Bisa jadi pilihan itu lebih baik ketimbang membeli.

Jadi baik atau buruk,  mahal atau murah dapat kita pastikan jika kita sudah memahami secara detail. Dan definisi tersebut bisa berubah sesuai situasi aktual.

1 Comment

  1. numpang komen walaupun basi.😛
    Di tempat saya hampir semuanya disewa, bahkan sekedar keset. Kata teman saya itu adalah trik pemegang saham karena dengan meminimalkan aset maka semakin besar dividen yang dibagikan. Bener nggaknya saya gak tau tapi berhubung beliau MBA yang pasti lebih berkompeten daripada saya. Padahal kayaknya tempat saya belum ada untungnya deh. Jadi mau ngarep dividen apa??😀

Tinggalkan Balasan

