Musim Buah Apa?

Tadi malam terlihat ada setumpuk rambutan saat saya sedang menyusuri jalan.

image

Hmm, ternyata sudah masuk musim rambutan. Lihat di lini massa, ada yang mengirimkan kalender buah-buahan.

image

Saat sekolah di Jogja dulu, di samping rumah orang tua ada sepetak tanah yang ditanami beberapa tanaman. Sebagian merupakan buah-buahan:
1. Jambu bangkok
Saya tidak ingat apakah tanaman ini tumbuh dari biji atau stek. Yang jelas tanaman ini beberapa kali menjadi sarana percobaan ilmu stek batang. Terbilang rajin dalam berbuah, nyaris sepanjang tahun.

2. Jambu Air
Bibitnya diambil dari kebun kakek di Lampung. Lumayan lama menunggu akhirnya berbuah juga. Rasa agak tawar karena yang berwarna putih.

3. Mangga Ubi
Sama dengan no.2, bibitnya kami dapatkan dari Lampung. Dagingnya berwarna putih meskipun sudah matang dan agak keras. Saat masih muda, memang terasa masam. Beberapa kali ada serangan hama di daunnya, tetapi alhamdulillah tetap berbuah juga.

4. Alpukat
Pohonnya terbilang tinggi dan rimbun di kebun kami. Terletak di pojok belakang, alpukat ini tumbuh dari biji yang sengaja disebar di kebun. Perlu waktu 4-5 tahun untuk mendapatkan panen buah pertama kali. Periodenya dimulai dari November-Februari. Sebagian besar selalu dibagikan ke lingkungan sekitar. Kata ayah, berbagi adalah rahasia untuk mendapatkan hasil yg lebih banyak dan berkah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s