Ada “Line Trap” di Alam Sutera

Pekan lalu, saya ada keperluan di daerah Serpong. Karena ingin mencoba variasi rute, keberangkatan melalui kawasan Alam Sutera via tol dalam kota sedangkan pulang melalui Serpong via tol JORR. Keluar dari pintu tol Alam Sutera, terlihat mall AS yang cukup megah. Di pojokan terdapat gardu induk Alam Sutera dengan tipe GIS (Gas Insulated Switchgear), seluruh peralatan tegangan tingginya terdapat di dalam ruangan. Peralatan GIS ini akan saya ulas pada tulisan yang lain.

 

line trapSelepas dari mall tersebut, tepatnya di perempatan pertama, terlihat tugu yang cukup unik bentuknya. Ya, mirip sekali dengan Line Trap untuk di gardu induk.

line trap dltc abb

Sebagai informasi, Line Trap yang kerap disingkat dengan LT berfungsi sebagai salah satu komponen telekomunikasi antar gardu induk. Ada beberapa opsi komunikasi data di gardu induk, via kabel optis dan via konduktor transmisi tegangan tinggi ( PLC, Power Line Carrier). Beberapa tahun silam, sempat mencuat wacana PLN akan menyediakan layanan komunikasi data ke pelanggan rumahan via jaringan PLN. Tetapi, cukup banyak pihak yang keberatan, akhirnya ide tersebut disimpan terlebih dahulu. Prinsip kerja memanfaatkan jaringan listrik tegangan tinggi seperti itu yang dipakai dalam konsep PLC ini.

Fungsi LT yang saya kutip dari situs ABB ini adalah:

1. Menyediakan impedansi untuk transmisi tegangan tinggi terlepas dari konfigurasi gardu induk yang dipergunakan.

2. Menjaga atau menghindari sinyal hilang akibat perambatan ke jalur atau peralatan yang lain.

3. Meredam atau melindungi dari sinyal RF (frekuensi radio) dari peralatan atau jalur transmisi yang lain, sehingga  diperbolehkan menggunakan pita frekuensi yang sama secara bersama-sama.

Masih dari tautan yang sama, konsep komunikasi data via transmisi tegangan tinggi seperti gambar di bawah.

Konsep LT untuk komunikasi data
Konsep LT untuk komunikasi data

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s