Cerita Saat Sosialisasi PLTU

Sosialisasi suatu proyek dapat dilakukan dengan berbagai cara, bergantung dari skala dan dampak dari proyek tersebut.

Beberapa waktu yang lalu, seorang kawan yang sedang menangani pembangunan PLTU di salah satu pulau, bercerita banyak hal tentang proyek yang sedang dia tangani. Hal yang menggelikan terjadi saat timnya melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar. Saat melihat daftar hadir, tertera ada 26 perwakilan LSM. Untuk daerah yang terbilang sepi, memang cukup mengagetkan dengan banyaknya LSM yang hadir.

Kelucuan berikutnya terjadi saat salah satu perwakilan dari 26 LSM tersebut, mengungkapkan ketidaksetujuannya akan pembangunan PLTU tersebut.

Kami tidak perlu PLTU. Kami sudah punya PLN.

Ketidakmengertian semacam ini tidak hanya melanda aktivis LSM dalam negeri saja. LSM lingkungan dari salah satu Negara Eropa melontarkan hal yang menjurus konyol, seperti yang pernah diceritakan pak Pekik saat kuliah Elda beberapa tahun yang lalu.

Dalam satu acara dengar pendapat, aktivis LSM lingkungan menolak opsi pembangunan PLT Nuklir ataupun PLT Angin. Alasannya bahaya akan radiasi sampah nuklir dan polusi suara oleh PLT Angin.

Saat ditanya balik oleh pihak pemerintah, ” Lalu mau ambil listrik dari mana?”

Sang aktivis menjawab, “Mudah, tinggal tancapkan saja ke colokan listrik (plug) seperti biasa”

#gubrak

Memang hal-hal semacam ini bukan murni kesalahan aktivis, meski berawal dari kemalasan dalam mencari tahu. Pemerintah selaku penyelenggara fasilitas / infrastruktur umum, perlu didorong melakukan pendidikan ke masyaratka dari tujuan pembangunan proyek tersebut, usaha meminimalkan dampak ke masyarakat hingga bagaimana masyarakat bisa turut membantu dalam perawatan fasilitas umum tersebut. 

 

1 Comment

  1. Faktor kesenjangan informasi barangkali, Ndo? Memang bagaimana sih tingkat kebutuhan akan listrik di desa/daerah? Linear atau kuadratik?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s