Puasa Paket Data

Setelah beberapa kali ponsel tidak terbawa ke kantor, saya mencoba eksperimen untuk berpuasa paket data internet. Kebetulan akhir pekan lalu, kuota paket data habis. Saya putuskan untuk rehat sejenak, sambil mengamati efek dari puasa data tersebut.

2 hari (kerja), Senin dan Selasa, puasa data mampu saya lakukan. Efek positifnya, kerja dan kegiatan lainnya menjadi lebih efisien. Fokus tentu saja. Karena tidak muncul keinginan untuk mengetahui status terakhir dari berbagai jaringan media sosial. Pengecekan surel pribadi dilakukan saat di rumah. Karena, jika ada hal yang penting, tentu rekan-rekan akan menelpon ataupun sandek. Sisi positif lainnya, baterai ponsel awet selama 2 hari meski banyak terpakai untuk menelpon. Awet dalam artian masih lebih dari 50%.

Efek negatifnya, ponsel sempat terganggu kinerjanya. Terutama saat paket data diaktifkan, tercatat ada 534 pesan dari dua grup whatsapp yang saya ikuti.

Sepertinya puasa data ini perlu saya lakukan saat cuti atau liburan berikutnya.

Tinggalkan Balasan

