Partial Discharge

Beberapa waktu yang lalu, saya berdiskusi dengan seorang kawan yang bergerak di bidang perawatan dan perbaikan fasilitas industri dan pembangkit.

Ada beberapa cerita yang menarik yang beliau ceritakan. Satu diantaranya mengenai pengecekan partial discharge di generator.

Cerita ini terjadi beberapa tahun yang lalu. Salah satu pembangkit di pulau Jawa mendapatkan informasi dari pabrikan generator yang beroperasi di pembangkit mereka, bahwa usia generator tersebut hanya akan bertahan kurang dari 2 tahun. Tentu saja saya penasaran, darimana si pabrikan bisa menghasilkan laporan semacam itu. Usut punya usut, pabrikan itu membandingkan hasil uji partial discharge saat produksi di pabrik dan beberapa bulan sebelum laporan tersebut keluar. Anehnya, petugas pembangkitan mengaku tidak mendapatkan hasil pengujian partial discharge saat FAT ( factory acceptance test). Dan menurut si kawan ini, memang sudah lazim jika pabrikan tidak menyerahkan hasil pengujian untuk partial discharge.

Membaca laporan mengenai usia generator yang mengkhawatirkan tersebut, tentu manajemen pembangkit ini sangat kebingungan. Mungkin karena garansi pembangkit sudah habis, diputuskan untuk berkonsultasi dengan ahli terkait. Dipilihlah 2 orang dosen elektro dari salah satu PTN ternama di Indonesia. 1 orang spesialis material isolasi elektrik, sedangkan yang satu lagi spesialis di mesin-mesin listrik. Awalnya manajemen pembangkit ingin mengontrak langsung kedua ahli ini tanpa melalui lembaga resmi yang menaungi dosen-dosen di kampus tersebut. Mungkin pertimbangan biaya. Untunglah kedua ahli yang juga dosen sangat berdedikasi ini tetap bersikukuh supaya lewat lembaga kampus.

Setelah kontrak disepakati, manajemen pembangkit mengadakan tender untuk kontraktor yang akan menangani pengujian partial discharge generator tersebut. Perusahaan kawan saya terpilih. Meskipun dia harus menyewa peralatan dari Kanada, kalau tidak salah ingat. Beres semua hal administrasi, kedua dosen tersebut mulai berkoordinasi dengan si kawan mengenai metode pengujian yang akan dipakai. Sepakat, pengujian partial discharge pun digelar.

Dari hasil pengujian, kedua ahli ini menyimpulkan bahwa generator masih dalam keadaan baik dan diperhitungkan mampu melewati usia 2 tahun. Ketika saya tanya, pengujiannya dilakukan pada tahun berapa? Kawan saya menyebutkan sekitar 6-7 tahun yang lalu. Jadi, pabrikan tersebut yang tidak tahu cara menginterpretasikan hasil uji atau berniat menipu? Si kawan hanya tertawa saja.

Penasaran, saya pun meminta salinan hasil pengujian dan laporannya. Kawan saya ini berjanji akan memberikan segera. Tetapi sudah berbulan-bulan belum ada kabar. Mungkin saya perlu tertawa dulu 😀

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s