Terima Kasih, Mesir

Cocok untuk difilmkan…

ROSO DARAS

Agus Salim-Menlu Mesir-AR Baswedan-1947

Jika Bung Karno begitu dekat dengan Mesir, cukup beralasan. Mesir adalah negara asing pertama yang memberi pengakuan terhadap kemerdekaan Indonesia. Bukan itu saja, sebagai tuan rumah Konferensi Liga Arab 18 November 1946, Mesir berhasil meyakinkan Liga Arab untuk memberikan pengakuan kepada Republik Indonesia.

Berita itu tentu saja disambut hangat oleh Indonesia. Bung Karno segera mengutus Menteri Muda Luar Negeri H. Agus Salim berangkat ke Timur Tengah. Dalam rombongan Agus Salim terdapat nama Abdul Rahman Baswedan. Dia adalah Menteri Muda Penerangan. Rombongan yang hanya berbekal “Surat Keterangan Jalan” (karena pemerintahan baru belum mengeluarkan paspor) itu, tiba di Kairo 10 April 1947.

Setiba di sana, rombongan tidak bisa begitu saja diterima Menlu Mesir. Agus Salim dan rombongan harus melakukan lobi terlebih dahulu. Para pemuda Indonesia yang tengah belajar di Kairo, banyak yang ikut membantu Agus Salim, AR Baswedan, dan rombongan melakukan pendekatan ke berbagai pihak, antara lain ke Sekjen Liga Arab, koran…

Lihat pos aslinya 373 kata lagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s