Asam Mangga

Suka memasak dengan kombinasi rasa kecut atau masam? Campuran apa yang sering anda pergunakan? Cuka, asam jawa, belimbing wuluh?

Mungkin buah mangga muda dapat menjadi pilihan bumbu masak. Bumbu perasa masam ini saya ketahui saat di Pare-Pare. Suatu hari salah seorang kawan yang bertugas di pembangkit di daerah ini, terlihat sibuk dengan memetik buah mangga yang masih muda. Awalnya saya kira buah tersebut akan dijadikan campuran untuk rujak. Ternyata buah-buahan tersebut dipotong tipis-tipis setelah dikupas terlebih dahulu. Sepintas terlihat seperti serpihan daging buah.

Kemudian potongan buah mangga tersebut dijemur hingga kering. Setelah kering, potongan buah tersebut dapat langsung dipergunakan saat mengolah masakan untuk menambah tajam rasa masam yang diinginkan. Saat saya tanyakan nama bumbu dari mangga tersebut, kawan tersebut menyebut Kalolo. Penasaran, saya cari di internet mengenai bumbu itu, tidak saya dapatkan Kalolo. Yang saya dapatkan di tautan ini adalah Pakkacci yang merupakan bahasa Makassar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s