Suomen Itsenäisyyspäivä

Suomen Itsenäisyyspäivä jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia adalah Hari Kemerdekaan Finlandia. Dan tanggal 6 Desember ini turut dirayakan oleh Google area Finlandia dengan menampilkann doodle nya seperti di bawah:

finland_independence_day_2012-987005-hp

Beberapa waktu belakangan, nama Finlandia sempat hangat diperbincangkan sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Salah satu film dokumenter yang mengupas cukup dalam adalah The Finland Phenomenon. Bisa di lihat di youtube.

Nokia adalah jembatan pertama perkenalan saya dengan negara Skandinavia ini. Negara yang sering disebut sebagai anak emas Rusia meskipun tidak termasuk ke dalam federasinya setelah revolusi Bolshevik.

Momen kedua adalah kegemaran saya akan sistem open source GNU/Linux, yang dikomandani oleh Linus Torvalds. Seorang Finlandia yang mampu memimpin ribuan pemrogram handal dengan ego beragam dalam mengembangkan sistem operasi bebas ini. Saat itu, saya belum terlampau tertarik untuk mengeksplorasi Finlandia.

Momen ketiga adalah saat saya sedang mengurus visa di kedubes Swedia beberapa tahun yang lalu. Ternyata kedubes Finlandia berseberangan dengan kedubes Swedia. Saat itu belum sadar kalau momen itu adalah tanda.

Tanda kalau saya harus melanjutkan karir saya di perusahaan Finlandia. Hehe

Entah untuk saat ini, belum ada tanda-tanda lain yang muncul.

Berhubung perusahaan saya adalah perusahaan Finlandia, tentu saja ada undangan dari Dubes Finlandia untuk peringatan hari kemerdekaannya. Ada seorang ibu yang sudah beberapa kali hadir di acara tersebut. Beliau bercerita tentang sosok Menlu Marty Natalegawa di acara tersebut yang dihadiri oleh beberapa menteri KIB jilid 2. Ternyata, menurut si ibu tea, si pak Menlu suaranya mantap berwibawa sehingga mampu membuat seluruh hadirin memusatkan perhatian kepada dirinya. Terbukti dengan tidak diperlukannya microphone saat berbicara. Berbeda dengan MC atau hadirin yang lain.

Kalau menurut saya, mungkin para ekspatriat itu khawatir dideportasi jika tidak memperhatikan apa yang dikatakan oleh pak Menlu.

Ngomong-ngomong kenapa hari ini saya banyak membahas menteri ya?

6 Comments

  1. Wah kok kamu gak dateng acaranya do? Saya pas ke shangri-la tuh waktu itu. Guede-guede ya orang finlandia. Ceweknya aja rata-rata setinggi atau lebih daripada abang saya (178cm).
    Dan mobil orang-orang biasa gak boleh ke lobi utama karena katanya ri 1 ato 2 waktu itu mau dateng

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s