Mencari Jawara di IIMS 2012

Seorang kawan menunda rencananya untuk membeli mobil setelah tahu pasangan Jokowi Ahok memenangkan pilkada DKI versi hitung cepat. Kawan ini akan menunggu gebrakan pasangan muda ini selama setahun kedepan dalam memperbarui kota Jakarta. Maklum, salah satu taglinenya Jakarta Baru. Meski tidak ikut memilih, si kawan sedikit optimis karena Jakarta mendadak lancar saat perhitungan cepat masih berlangsungšŸ˜€.

Jadi sembari menikmati angkutan publik yang sering mengantarkannya ke kantor di kawasan Kuningan, rupanya rencana untuk melihat pameran otomotif IIMS 2012 tetap tidak surut. Memang orangnya sangat terencana, jauh hari sebelumnya kawan ini sudah rajin mengakses situs IIMS di sini sekaligus mempelajari posisi stan yang akan ditelusuri.

Jumat sore, ditengah hempasan rintik hujan yang rupanya dibagi merata, rombongan dari kantor berangkat menyusuri tol Wiyoto Wiyono. Di beberapa sisi parkiran masih terlihat lengang. Antrian pembelian tiket belum terlalu panjang. Mungkin karena masih hari kedua. Harga tiket pada Jumat – Ahad 30 ribu rupiah. Sedangkan pada hari Senin sampai Kamis ada di kisaran harga 20 ribu rupiah.

Secara umum, pameran di bagi menjadi beberapa zona. Zona pertama yang saya lihat adalah zona pabrikan Asia (Timur). Jepang dengan Mazda, Toyota, Daihatsu, Honda, Mitsubishi dan Subaru. Korea Selatan dengan Hyundai dan KIA. Sementara Cina menampilkan pabrikan Geely. Lalu, kemana pabrikan Tata dari India? Proton dari jiran?

Tampaknya, rencana Tata Motor merambah pasar Indonesia dan ASEAN tidak main-main. Di pameran ini, Tata rupanya bergabung di zona pabrikan Eropa dan Amerika. Bisa jadi efek dari aksi akuisisi merek Jaguar dan Landrover dari Ford 2008 yang lalu. Selain itu, Tata Motor juga menampirkan produk komersial seperti truk dan bus. Yang sekilas mirip bus Trans Jakarta dan mungkin ditujukan untuk mengisi pasar tersebut.

Oke, apa yang menarik di Zona Asia Timur ini? Daihatsu dan Toyota sedang berpromosi produk terbarunya, Agya dan Ayla. Produknya terbilang kecil, tetapi jika dilihat ke dalam, jok penumpang belakang masih terbilang lapang dikelasnya. Di stan Toyota , Prius dan produk SUV ( FJ Cruiser) cukup menarik perhatian kalangan yang memang memiliki hobi otomotif.

Bisa dibilang, sebagian inovasi produk masih berkutat di mesin dan tampilan luar. KonsepĀ facelift masih cukup mendominasi tahun ini. Setelah berkeliling, pilihan jawara di zona ini adalah Mazda Takeri.

sumber: pesatnews.com

Spesifikasi lebih lengkapnya bisa dibaca di tautan ini.Ā Berikut gambar tampak belakang yang saya ambil dari blog Nytimes.

sumber: wheels.blog.nytimes.com

Hanya satu kekurangannya. Harga? Bukan, mobil sekeren itu, dibandrol tinggi tidak terlalu masalah.

Sayangnya mobil ini masih konsep. Ya, itu kekurangan terbesarnya sampai saat inišŸ˜€ .

Seorang kawan masih sempat-sempatnya menjadi pengamat fesyen untuk para pemasar mobil-mobil tersebut. Menurutnya, dibanding zona Asia Timur, fesyen yang dipakai pemasar di pabrikan Eropa dan Amerika terkesan lebih profesional dan elegan. Memang, ada beberapa gelintir yang terlihatĀ nyleneh.

Bisa jadi, memang citra tersebut yang ingin ditampilkan oleh masing-masing pabrikan. Selain dari produk yang mereka usung pada pameran kali ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s