Handry Satriago on Sales

Beberapa waktu yang lalu, ada pertanyaan menarik di salah satu segmen Hardrock FM. Apa perbedaan antara marketing dan sales ? Kebetulan saya tidak terlalu menyimak jawaban dari narasumber yang bersangkutan. Keburu larut dalam perenungan arti kedua kata tersebut. Jika diterjemahkan secara bebas, marketing berarti pemasaran sedangkan sales berarti penjualan. Nah lo, apa bedanya?

Dari pengalaman kerja beberapa tahun kerja kantoran, fungsi marketing lebih ke arah pengenalan produk, dan penyiapan strategi pemasaran secara global. Sedangkan fungsi sales lebih diarahkan ke detail teknis lapangan. Tidak heran jika fungsi untuk pengumpulan data kondisi pasar dan kompetitor masih diserahkan ke orang marketing. Meskipun begitu, bukan berarti orang sales tidak berhak membekali dirinya dengan informasi berharga semacam itu. Di perusahaan-perusahaan besar, fungsi marketing dan sales memang terpisah. Banyak juga yang masih menggabungkan kedua fungsi tersebut dalam satu departemen.

Saya pribadi belum pernah diserahi tugas baik sebagai marketing ataupun sales. Meskipun sejak jaman SMA sampai kuliah, pengalaman berjualan sudah kenyang dijalani. Ada beberapa kantor yang biasa memagangkan seorang calon direksi ke bagian sales terlebih dahulu. Tak heran, karena inti dari bisnis adalah jualan.

Tentu akan menarik, jika petuah mengenai “sales” kita simak dari seorang Handry yang sudah menghabiskan 7 dari 19 tahun masa kerjanya sebagai sales, yang masih hangat di Jakarta yang terik ini.

 

1. In the mood untuk kultwit minggu pagi. I want to discuss about #sales .7 tahun dari 19 tahun saya bekerja adalah dlm bidang sales.

2. Salesman. Kata ini sering berkonotasi sbg pekerjaan rendahan”..seseorang yg menjajakan barang dari satu tempat ke tempat lain. #sales

3. Dlm bnyk kepala org, salesman adlh seseorang yg pakai dasi, kemeja putih-celana hitam, penuh peluh, bau matahari, & sll tersenyum. #sales

4. Well, I did that job as well before…menjajakan parfum saat pertama kali bekerja. I love that job too! #sales

4. Nothing wrong with that job…buat saya, pekerjaan itu malah pembelajaran yg asik! the first time I learn about customer behavior. #sales

6. #sales, seperti fungsi lain dlm sebuah perusahaan, adalah fungsi yg penting. Pekerjaan ini bersentuhan langsung dengan customer

6. The thing about #sales adalah the thing about connecting your product with your customers

7. Pekerjaan #sales saya cukup beragam, dari menjajakan parfum, jualan lampu, jualan sekolah, sampai jualan pembangkit listrik

8. Saya bangga jadi #sales man…kenapa? pekerjaan ini membuat saya banyak teman, banyak tahu tentang lapangan secara langsung

9. First thing you need to know as a #sales man adalah, your product. Apa sih yg kita jual itu? Harus benar2x nglotok pemahaman kita

10. Banyak yg mikir kalau jd #sales yg penting adalah jago ngomong…jual loyang jadi emas..Naaaah! I disagree..jago product yg penting!

11. My rule of #sales job is never lie about your product. You may direct your customer to see it from different angle, but not lying

11. Prestasi #sales job bukanlah org mau beli, tapi org merasakan maanfaat spt yg kita katakan pada mrk ttg produk yg kita jual

13. Orang beli adalah output dari #sales job. Tapi orang mengerti dan mem-“value” produk kita spt yg kita inginkan adl goal dr proses sales

14. Sori, penomoran ngaco. Lemot nih internetnya. Lanjut ttg #sales : The next thing yg perlu selain produk adalah who is your customer

15. Ini yg paling menyenangkan…knowing beragam tipe customers, knowing their needs and wants..knowing their buying behavior. #sales

16. Again, my rule about customers, always try to put yourself as them..kenapa mau beli dan mendengarkan #sales man ini.

17. Because of that rule, saya tidak pernah membiarkan customer akan menjadi musuh saya. I have to make sure they love me! #sales

18. Of course sometime we meet with “bad” customers…yg pokoknya bete aja ke #sales man. Don’t push! mundur dulu untuk susun strategi.

19. Saya percaya, manusia dicipatakan untuk saling menghargai, if that situaiton not happen, prosesnya mungkin harus ditinjau ulang. #sales

20. When you find the way to respect customers, they will open the door to listen to your #sales pitch. That’s why “No Lie” is a must!

21. Kalau product yg di #sales kan adalah consumer goods, maka segmenting type of customer dilakukan…kalau industrial goods, lain cerita

22. If #sales anda adl industrial product, then it has to be individual relationship with customer. Satu per satu harus dikenali scr detail

23. Saya kebetulan pernah lakukan #sales untuk kedua-duanya. Consumer dan Industrial. Pendekatannya beda sekali.

24. Consumer #sales bicara mengenai customer secara segmen…survey is important. Trend, Cyclical, dsb perlu diperhatikan

25. Naah, aku disagree consumer #sales hanya tergantung pada biaya iklan. It is about creativity. Yg penting produk itu dikenal valuenya

26. Tentu iklan dan promosi penting. Tapi bukan berarti perusahaan miskin iklan tak bisa #sales consumer product. Banyak tools lain

27. Industrial product #sales adalah proses menarik, karena customernya harus dihadepin satu per satu. You need to know them in detail

28. Relationship is no longer a strategy in #sales . It is standard. If you can play golf with your customer, your competitor can do it too

29. You need to expand the relationship into “Engagement”. #sales process need to find the way of having strong engagement with customers

30. Apalagi dalam #sales industrial product, yg dicari bukan hanya jual productnya, tapi juga services nya….it has to be a long term coop

31. Customer complain bukanlah sesuatu hal yg harus ditakuti. Treat it as your learning to konw your customer better. #sales

32. Jangan pernah lari dari customer complain. If mistakes happen, & you cannot fix it, jujurlah pada mereka. You run, you’re dead. #sales

33. Saya mengalami puluhan kali customer complain dlm #sales. Prinsip saya: no lie, find solution, and keep them as a friend

34. #sales bukan berarti menghamba pada customers agar produknya laku. We need to sell with dignity. Customers hv to know that.

35. When doing #sales presentation, make sure tampilkan apa untungnya customer beli produk kita dibanding ga beli atau beli dari kompetitor

36. Know Your Customer (KYC) adlh proses tak berhenti dlm #sales . Jgn jumawa dgn “I know all about my customer, jd tak perlu belajar lagi”.

37. KYC menuntut pengatahuan luas ttg customers dan industry dimana customers tsb terlibat. #sales bukan hanya jual omong, analysis plays!

38. Remember, environment always change, customer always change…what is important for them is your #sales job!

39. Perlu kesabaran dalam pekerjaan #sales . Tapi juga perlu passion. tak ada salesman sejati yg tak mau mencapai 120% target!

40. The third thing on #sales , setelah Product and Customers, adalah Industri atau Market. You’ve got to be knowledable about the industry

41. #sales person need to know the trend, growth, how people compete, who are the players, policies, etc in the industry of their product

41. Customers doesn’t like #sales yg bisa ngomong panjang lebar ttg produk mereka tp tak tau apa yg terjadi dgn industrinya.

43. I beleive, customers love if they can also learn from the #sales person who are selling their products.

44. Zaman sekarang ini, industry can be learn easily from internet. #sales person sejati find and present data dlm bentuk yg mudah dipahami

45. The more you know about the industry that you are playing in, the more advance you are in doing #sales

46. Tuh kan? #sales bukan hanya pintar ngomong dan jual loyang jadi emas. Sales bisa jadi lahan subur untuk mengembangkan diri jadi leader

47. Bagian keempat dari #sales setelah Product, Customer, dan Industry adalah Competition/Competitors

47. #sales person harus lah lapar dengan informasi ttg competitor dan competition…that’s the only way to find competitiveness

48. I respect my competitors…I love healthy competition…but in #sales, we have to find the way to win from them! with integrity for sure

49. No no no! winning by doing cheating and doing integrity violence is not on my dictionary of doing #sales

50. The key is to influence customers to see from different angle, see the options, find their values, and fit it with our product. #sales

51. Do not give up! competitor bisa jadi punya produk lebih baik dan lebih murah, but customer value is a game of influencing. #sales

52. Protect your engagement with your customers…sometime, untuk bisa membendung competitor, pengorbanan perlu dilakukan. #sales

53. One of the way to protect your customer dari serbuan kompetitor adalah dengan Co-Creation, yg pernah saya kultwit dulu. #sales

54. Co-Creation, pada intinya adalah duduk bersama dgn customers untuk find what solution they need that we can help. #sales

55. Terakhir, dari 5 elemen effective #sales person, stlh Know Your Product, Customers, Industry, dan Competitor/Competition, is Yourself!

56. #sales person yg baik need to know about themselves: strengths, weaknesses and how to fit them with the job that they have

56. We talked before, #sales person need to have passion…ada api yg menyala untuk membuktikan bahwa anda bisa get the things done

58. #sales passion adalah passion utk menjual, dan membuat customer senang, engaged, dan feels respected…sehingga mau beli kembali

59. Satu bisnis cycle skrg tdk lagi berhenti pd saat barang laku terjual dan customer satisfied…tapi pd saat customer beli ulang. #sales

60. #sales person yg baik tahu bagaimana menjadikan dirinya sebagai source of infromation bagi para customersnya

61. Seperti juga product and way of business yg harus punya uniqueness, #sales person jg harus find their uniqueness dlm menjual

61. Penampilan works dlm proses #sales. Pastikan bau, keringat, dan cara bicara “mmm…aaa…mmm..” out ketika berhadapan dgn customers

63. Man, sebagus apa pun your product, jika penampilan kita nyebelin di mata customers, mrk bakalan out dulu sblm denger kita. #sales

64. Jangan jadi lecek kala hrs nunggu. Sometime customer memang waktunya susah. #sales person selalu tampil prima & ceria ketika jualan

65. #sales person nyatet! so, mau pakai pulpen dan kertas, ipad, atau apa pun, catatlah apa yg penting dari customer

66. #sales person learns…Tdk ada yg paling nyebelin daripada sales person yg sok tahu.

67. #sales person has confidence. Be humble, but also confidence about what you are selling.

68. #sales person fun!. Find the way to make your customer like you when you sell. Jokes works..but too much will make you like a clown

68. #sales person knowledgeable…read a lot..be ready to talk about art, politic, a bit science, books, music, and other popular things

70. That’s it…a bit share on principals and practicals about #sales that I know..semoga bermanfaat! selamat menjual! #sales man rocks!🙂

 

68. #sales person fun!. Find the way to make your customer like you when you sell. Jokes works..but too much will make you like a clown

68. #sales person knowledgeable…read a lot..be ready to talk about art, politic, a bit science, books, music, and other popular things

70. That’s it…a bit share on principals and practicals about #sales that I know..semoga bermanfaat! selamat menjual! #sales man rocks!🙂

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s