Demam Gas

Beberapa waktu yang lalu, saya membaca berita tentang turunnya harga saham perusahan batubara. Penurunan ini disebabkan oleh berkurangnya permintaan batubara dari beberapa negara yang mulai mendapatkan durian runtuh dari penemuan lapangan gas baru. Salah satunya Amerika Serikat, yang mulai rajin mengeksplorasi cadangan shale gas nya. Eksplorasi yang memang sudah berlangsung lama ini menunjukkan bahwa Indonesia yang dipercaya memiliki cadangan migas, khususnya gas dalam jumlah besar, seharusnya tidak meninggalkan kegiatan eksplorasi dalam negeri.

Di sisi lain, dengan diterbitkannya perpres penghentian pembangunan pembangkit listrik tenaga diesel beberapa waktu lalu, semakin mendorong tingginya konsumsi gas sebagai pengganti diesel. PLN pun semakin rajin bekerja sama dengan pemilik cadangan gas dalam penyediaan suplai energi listrik berbasis gas.

Di Sumatera sendiri, setidaknya ada 3 provinsi yang sedang giat membangun pembangkit listrik tenaga gas. Sumatera Selatan, Jambi dan Riau. Aceh dengan ikon Arun nya juga sedang mengkaji untuk cadangan-cadangan barunya.

Selain dari gas alam, PLN juga giat mengeksplorasi gas dari CBM ( Coal Bed Methane ) dan hasil gasifikasi batubara.

Tak heran, “kompetisi” antara PLT Gas, PLTU dan PLTP semakin menarik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s