Pertumbuhan menjadi dambaan setiap pengelola perusahaan atau institusi. Setidaknya ada 2 metode untuk tumbuh, yaitu organik dan non organik. Pertumbuhan organik merupakan pertumbuhan secara alami. Di kultwtinya tanggal 3 Agustus, Handry mencontohkan pengembangan kapabilitas perusahaan dengan kombinasi produk lama/baru dan pasar lama/baru. Selain itu, strategi Co-Creation yang diungkap sekilas, sepertinya menjadi topik bahasan yang menarik. Meskipun strategi ini baru cocok untuk model bisnis proyek.
Pertumbuhan secara anorganik dicontohkan lewat strategi merger & acquisition. Contoh terakhir adalah dibelinya Batavia Air oleh Maskapai Air Asia.
Mari kita simak terlebih dahulu rangkaian kultwitnya.
1. whatabout discussing on #growth strategy tonite?
2. #Growth adalah jawaban dari pertanyaan simple “what next, now?” sebuah perusahaan yang ingin continuously survive
3. #Growth juga menjadi kajian Strategic Management yang sangat penting…banyak perspektif yg dpt digunakan untuk mengkaji growth ini
4. Dalam sejarahnya, ada masa booming #growth strategy menggunakan merger & acquisition (M&A).
5. Bisnis model dgn menggunakan M&A sbg strategy #growthmemerlukan uang banyak, credit rating tinggi, dan kemampuan akulturisasi yg cepat
6. Strateginya M&A simple, kalau mau #growth, nggak punya core capability, beli aja perusahaan yg punya kemampuan tsb
7. Dulu GE di jamannya Jack Welch begitu..perusahaan kami beli segala macem perusahaan utk bisa #growth
8. Problem terbesar dgn #growth M&A strategy adalah men-convert perusahaan baru tsb kedalam kultur dan operasi perusahaan induknya
9. Nggak gampang…banyak sekali story #growth M&A yg gagal…terutama karena kultur dua perusahaan tsb tdk mampu dipadukan
10. Jack punya resep jitu dijamannya….”Revolution”: begitu perusahaan dia beli, langsung di “GE’ kan…yg ga setuju, silakan out.#growth
11. Sedemikian dahsyatnya Jack, shg menimbulkan kultur kebanggaan bgi perusahaan yg baru di akuisisi kalau mereka dgn cepat jd “GE”. #growth
13. Kulturisasi kadang memang hanya bisa dilakukan dgn “Push”, Revolusi. Dlm strategi M&A, speed adalah key success factor.#growth
14. Yg repot, seringkali M&A ini menimbulkan penyakit rakus M&A…shg kadang akuisisi perusahaan yg tidak ada hubungannya.#growth
15. Sekarang, banyak perusahaan yg hati2x sekali dlm M&A. Belanja kebanyakan, tp ndak bisa mengintegrasikannya, malah jd bumerang.#growth
16. Saya sempat merasakan susahnya proses kulturisasi ketika GE mengakuisisi Sibalec di tahun 90-an. #growth
17. Accepting new culture, tdk melulu bisa dilakukan dgn push. Budaya MNC tdk sejalan dgn budaya “sleman” PT Sibalec. #growth
18. Baru ketika kami berhasil mengupgrade leaders local baru, proses kulturisasi ini jalan dgn baik. #growth
19. Strategi #growth yg lain adalah dengan organic growth…membangun kekuatan dari dalam company sendiri.
20. Di zaman globalisasi sekarang ini, strategy #growth ini nampaknya lebih banyak disukai…karena terjadinya “Surplus Society”
21. Surplus Society adalah makin banyaknya perusahaan sejenis dgn kemampuan yg sama, dan memperkerjakan org dgn kualitas yg sama. #growth
22. Akhirnya, competitive advantage dgn cepat sekali menjadi “Standard Industry”. #growth
23. ISO misalnya, dulu ini adalah competitive advantage, sekrang lebih menjadi standard industry. #growth
24. Company dipacu utk mengembangkan kemampuan organik nya untuk #growth. Karena organik growth ini waktunya bisa lebih lama kalau berhasil
25. Rumusannya dgn 4 Blok: New Product-New Market, Existing Prod-Existing Mkt, New Prod-Existing Mkt, dan Existing Prod-New Mkt.#growth
26. Kuadran new product-new market ini adalah inovasi..terobosan baru..kalo bisa sampe sini, juara deh! kayak Apple dgn ipadnya.#growth
27. Cuma, utk bisa sampe sini, bener2x perlu “out of the box”. Menciptakan market baru butuh kreatifitas tingkat dewa! #growth
28. Nokia dulu jagoan. Sekarang Apple.. Menciptakan market baru perlu penguasaan “what does people need”. #growth
29. Eeh. lalu timbul “What does people not need, but want to buy”. Louis Vuitton jagoan tuh..org tetep beli tasnya walau ga butuh.#growth
30. Anjrit!…Kok bisa2xnya se-kreatif itu ya. Ini soal mindset: Nggak mau bikin bisnis dgn cara ikut2xan aja. #growth
32. Mindset ini sayangnya org Indonesia belum jago. Sehingga produk kita banyak yg layu sebelum berkembang..krn ikut2x an trend aja. #growth
33. Sayang bgt bnyk start-up company yg berpotensi kreatif jd kejeblos ke “existing market”. krn “market baru”nya jd cepet obsolete.#growth
34. Okelah..kalo ga blm bisa ke new prod-new mkt, bisa try new prod – existing market. Kuncinya, ga berenti hasilkan new product. #growth
35. Ada nih yg jago juga begini..main di existing market terus, tapi produknya ga berenti2x keluar yg baru (new feature misalnya).#growth
1 Comment