Handry Satriago On Growth

Pertumbuhan menjadi dambaan setiap pengelola perusahaan atau institusi. Setidaknya ada 2 metode untuk tumbuh, yaitu organik dan non organik. Pertumbuhan organik merupakan pertumbuhan secara alami. Di kultwtinya tanggal 3 Agustus, Handry mencontohkan pengembangan kapabilitas perusahaan dengan kombinasi produk lama/baru dan pasar lama/baru. Selain itu, strategi Co-Creation yang diungkap sekilas, sepertinya menjadi topik bahasan yang menarik. Meskipun strategi ini baru cocok untuk model bisnis proyek.

Pertumbuhan secara anorganik dicontohkan lewat strategi merger & acquisition. Contoh terakhir adalah dibelinya Batavia Air oleh Maskapai Air Asia.

Mari kita simak terlebih dahulu rangkaian kultwitnya.

1. whatabout discussing on #growth strategy tonite?

2. #Growth adalah jawaban dari pertanyaan simple “what next, now?” sebuah perusahaan yang ingin continuously survive

3. #Growth juga menjadi kajian Strategic Management yang sangat penting…banyak perspektif yg dpt digunakan untuk mengkaji growth ini

4. Dalam sejarahnya, ada masa booming #growth strategy menggunakan merger & acquisition (M&A).

5. Bisnis model dgn menggunakan M&A sbg strategy #growthmemerlukan uang banyak, credit rating tinggi, dan kemampuan akulturisasi yg cepat

6. Strateginya M&A simple, kalau mau #growth, nggak punya core capability, beli aja perusahaan yg punya kemampuan tsb

7. Dulu GE di jamannya Jack Welch begitu..perusahaan kami beli segala macem perusahaan utk bisa #growth

8. Problem terbesar dgn #growth M&A strategy adalah men-convert perusahaan baru tsb kedalam kultur dan operasi perusahaan induknya

9. Nggak gampang…banyak sekali story #growth M&A yg gagal…terutama karena kultur dua perusahaan tsb tdk mampu dipadukan

10. Jack punya resep jitu dijamannya….”Revolution”: begitu perusahaan dia beli, langsung di “GE’ kan…yg ga setuju, silakan out.#growth

11. Sedemikian dahsyatnya Jack, shg menimbulkan kultur kebanggaan bgi perusahaan yg baru di akuisisi kalau mereka dgn cepat jd “GE”. #growth

13. Kulturisasi kadang memang hanya bisa dilakukan dgn “Push”, Revolusi. Dlm strategi M&A, speed adalah key success factor.#growth

14. Yg repot, seringkali M&A ini menimbulkan penyakit rakus M&A…shg kadang akuisisi perusahaan yg tidak ada hubungannya.#growth

15. Sekarang, banyak perusahaan yg hati2x sekali dlm M&A. Belanja kebanyakan, tp ndak bisa mengintegrasikannya, malah jd bumerang.#growth

16. Saya sempat merasakan susahnya proses kulturisasi ketika GE mengakuisisi Sibalec di tahun 90-an. #growth

17. Accepting new culture, tdk melulu bisa dilakukan dgn push. Budaya MNC tdk sejalan dgn budaya “sleman” PT Sibalec. #growth

18. Baru ketika kami berhasil mengupgrade leaders local baru, proses kulturisasi ini jalan dgn baik. #growth

19. Strategi #growth yg lain adalah dengan organic growth…membangun kekuatan dari dalam company sendiri.

20. Di zaman globalisasi sekarang ini, strategy #growth ini nampaknya lebih banyak disukai…karena terjadinya “Surplus Society”

21. Surplus Society adalah makin banyaknya perusahaan sejenis dgn kemampuan yg sama, dan memperkerjakan org dgn kualitas yg sama. #growth

22. Akhirnya, competitive advantage dgn cepat sekali menjadi “Standard Industry”. #growth

23. ISO misalnya, dulu ini adalah competitive advantage, sekrang lebih menjadi standard industry. #growth

24. Company dipacu utk mengembangkan kemampuan organik nya untuk #growth. Karena organik growth ini waktunya bisa lebih lama kalau berhasil

25. Rumusannya dgn 4 Blok: New Product-New Market, Existing Prod-Existing Mkt, New Prod-Existing Mkt, dan Existing Prod-New Mkt.#growth

26. Kuadran new product-new market ini adalah inovasi..terobosan baru..kalo bisa sampe sini, juara deh! kayak Apple dgn ipadnya.#growth

27. Cuma, utk bisa sampe sini, bener2x perlu “out of the box”. Menciptakan market baru butuh kreatifitas tingkat dewa! #growth

28. Nokia dulu jagoan. Sekarang Apple.. Menciptakan market baru perlu penguasaan “what does people need”. #growth

29. Eeh. lalu timbul “What does people not need, but want to buy”. Louis Vuitton jagoan tuh..org tetep beli tasnya walau ga butuh.#growth

30. Anjrit!…Kok bisa2xnya se-kreatif itu ya. Ini soal mindset: Nggak mau bikin bisnis dgn cara ikut2xan aja. #growth

32. Mindset ini sayangnya org Indonesia belum jago. Sehingga produk kita banyak yg layu sebelum berkembang..krn ikut2x an trend aja. #growth

33. Sayang bgt bnyk start-up company yg berpotensi kreatif jd kejeblos ke “existing market”. krn “market baru”nya jd cepet obsolete.#growth

34. Okelah..kalo ga blm bisa ke new prod-new mkt, bisa try new prod – existing market. Kuncinya, ga berenti hasilkan new product. #growth

35. Ada nih yg jago juga begini..main di existing market terus, tapi produknya ga berenti2x keluar yg baru (new feature misalnya).#growth

36. Nah, sepanjang apa napas bisa ngasilin prod baru, sepanjang itu jg lah dia survive main di existing market ini. #growth
37. Samsung telecommunication kali contohnya ya? dia main di market yg di create pemain lain, tp bisa bikin product baru terus.#growth
38. Jajanan buka puasa itu misalnya, kan existing market banget…tapi kl ada yg mampu bikin new product terus2xan, jd bisnis asik. #growth
39. Jadi nggak asal ngikut aja, walaupun di existing mkt. tapi ada juga strategy nya…new product yg terus menerus. #growth
40. Kuncinya itu kalo di new prod-existing mkt…speed to launch new products, and the variation of new products…#growth
41. Gimana kalau main di kuadran Existing prod – New mkt? hmm…ini masalah segmentasi biasanya. ada market baru, dicari niche nya.#growth
42. Kulkas,AC,mesin cuci, adl existing product..tapi jualan alat2x tsb scr paket + financing utk para pengantin baru, maybe new mkt.#growth
43. konsultasi bikinin blog or web buat perushaan, existing product-existing mkt…red ocean competition nih. blog buat para cagub?#growth
44. Then, daerah paling “berdarah-darah” buat #growth adalah existing prod – existing market. Ini mah ujung2xnya perang harga..#growth
45. Yeaah..masih bisa lah, poles sana-sini dgn marketing, distribusi, dsb…tapi kan kompetitor jg bisa ngikuttttin? #growth
46. Kecuali, masuk ke ranah, core competence yg dibenerin. Kuasai sepenuhnya jalur distribusi, proses produksi paling murah, dsb.#growth
47. Nah, itu jadi strategy “Cost Leadership”. Main di economic of scale misalnya. #growth
48. Kadang, untuk #growth, kita bisa pake pendekatan lain…Co-Creation namanya..mainan baru nih. #growth
49. Co-Creation intinya adl duduk bareng customernya utk identify apa sih yg mrk pengenin, & bagaimana kita bisa involve bantu mrk.#growth
50. Tentunya ujung2xnya jualan juga. Tapi jualan dgn cara juga bantu customer utk #growth jg. Customer grow, we grow!
51. Co-creation ini lumayan sakti untuk project business…untuk consumer business, msh perlu diexplore lg. #growth
52. Cuman, Co-Creation ini menuntut engagement yg luar biasa dekat dgn customernya. #growth
53. Kalo kagak deket dgn customer, mana mau di ajak “You jump, I jump” kayak si Leo di Caprio dan Kate Winslet di Titanic. #growth
54. Karna, dlm konsep Co-Creation, “You Grow I Grow” ini hanya bisa dicerna oleh customer yg sdh trust banget dgn kita. #growth
55. Kalo nggak punya customer engagement yg kuat, usulan utk Co-Creation cuma dianggap “Bokis-Bokisan” aja (bhs anak 80-an nih!).#growth
56. Gimana bikin customer engagement yang kuat? banyak cara..ada invest bareng, bikin join venture, dll.. #growth
57. Kalau saya, karena buat Indonesia maju di masa depan, lebih seneng bikin customer engagement lewat develop talent bareng2x.#growth
58. Biar aja, ilmunya GE ke transfer ke org2x Indonesia sebanyak mungkin…toh, makin banyak yg pinter akan makin #growthcustomernya..
59. Saya bicara di Forum JFCC “kalau MNC mau maju di sini, ga bisa nunggu Indonesianya ready dulu…harus ikut terjun bikin ready”#growth
59. Saya bicara di Forum JFCC “kalau MNC mau maju di sini, ga bisa nunggu Indonesianya ready dulu…harus ikut terjun bikin ready”#growth
60. #growing business di Indonesia ga bisa cuma berdasar data statistik doang, trus sarkastik, pesimis…ya nggak jadi2x ntar. #growth
61. It is about mindset. IF we want to #growth di Indo, harus berani treat pasar ini sbg “Now” market, jgn jadiin “future” mkt trus #growth
62. begitulah cerita si akang #growth malam ini..🙂 next disambung lagi…nite niiiiitteee!

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s