Air Asia Merengkuh Batavia Air

Setidaknya ada 3 maskapai swasta yang pernah saya jajal pelayanannya. Lion, Sriwijaya dan Batavia. Ada yang unik dari ketiga maskapai tersebut. Yaitu latar belakang pendirinya yang sama-sama berawal dari agen perjalanan. Dari ketiga maskapai tersebut, memang Lion yang terbang begitu cepat. Sehingga nyaris menjadi penguasa kembar bersama Garuda, terutama di daerah Indonesia bagian Tengah dan Timur.

26 Juli yang lalu, Air Asia menggelar konferensi pers tentang akuisisi terhadap Batavia Air. Di tengah persaingan bisnis angkutan udara dan meningkatnya permintaan kapasitas angkutan, strategi yang ditempuh oleh Batavia terbilang cerdik. Kemitraan dipandang lebih strategis ketimbang menunggu kucuran dana dari perbankan. Setidaknya hal tersebut dapat dilihat dari salah seorang direksi Batavia sekaligus putri pendiri di tautan ini.

sumber: detik foto

 

Di sisi lain akuisisi ini masih dihadapkan oleh belum turunnya ijin dari Kemenhub terkait belum adanya permohonan dari pihak yang bersangkutan.

Jika proses akuisisi sudah diselesaikan, maka kompetisi bisnis angkutan udara semakin menarik. Terlebih Air Asia akan memindahkan kantor pusatnya ke Jakarta, supaya lebih fokus dengan pasar Indonesia dan ASEAN.

Kita tunggu saja strategi yang akan dibesut oleh Tony Fernadez, mengingat Batavia dengan segala kenyamanannya, bisa dikategorikan sebagai maskapai LCC ( Low cost carrier).

Sempat terpikir, Air Asia akan menggunakan Batavia sebagai penghubung layaknya Wings terhadap Lion.

 

2 Comments

  1. Lion Air menjadi penguasa LCC di Indonesia karena berani bertarung dengan membuka rute yang kurang dilirik maskapai lain. Beda dengan LCC lain yang selalu bertarung di jalur gemuk dulu….
    yah kita tunggu saja nanti hasil kompetisinya, sebagai konsumen saya cuma berharap semakin banyak tiket promo biar murah kalau mau travelling =)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s