Handy Satriago on Influence

Kemampuan mempengaruhi sangat diperlukan dalam seni negosiasi. Selain kharisma, kelengkapan data dan penjelasan rasional sangat mempengaruhi keberhasilan dalam mempengaruhi dan bernegosiasi. Banyak hal dan taktik yang dijelaskan oleh Handry dalam kultwitnya kali ini. Penerapannya pun beragam, mulai dari negosiasi dengan pedagang di pasar tradisional hingga ke manajemen atas terkait proposal / ide anda.

Kultwit yang lain dapat ditemui di sini.

1. Obrol-obrol tentang Influence Tactics yaa…biasa, Jumat malam tak banyak kerjaan 🙂 #influ

2. Unik, di akademik, influence disebut taktik, bukan strategi..mungkin krn ini sifatnya lebih taktikal, masa kini, bukan long term. #influ

3. Influence sering disandingkan dgn power, kala dipelajari di dunia mnjemen (ndak bgitu paham kalau di dunia lain, politik misalnya)#influ

4. Bicara power dulu ya. Kata teori, power adlh ability to bring about change in one’s psychological environment..#influ

5. Trus, influence adalah penggunaan power tsb utk membawa perubahan (yg diinginkan). Nah, pertanyaannya, power tersebut apa aja? #influ

6. Sblm kita obrol soal tipe2x power, ini ada golden rule nya..”The greater B’s dependency on A, the greater the power A has over B”.#influ

7. Ada dua tipe power, Formal dan Personal. Formal power antara lain adalah Coercive Power: org “takluk” pada power ini karena takut.#influ

8. Coercive power ya tmsk golok, teror, massa, dsb. Pokoke slama si punya power bs bikin org takut, doi menaklukkan org yg takut tsb.#influ

9. Makanya, kalo ada org nggak takut setan, dan jadi nggak diganggu setan tsb, ya karena coercive power nya setan kagak laku.. 🙂 #influ

10. Berlaku juga untuk santet kali ya…haha…lho kok jadi ngawur? 🙂#influ

11. Formal power berikutnya adalah Reward Power. Org takluk dgn yg punya power ini krn bisa dapet benefit..dikasih sogokan misalnya.#influ

12. Reward power juga berlaku banyak, misalnya di perusahaan. Yg ngasih gaji atau upah, ya mampu mempoweri si yg dikasih gaji..#influ

13. Trus msh di Formal Power, adalagi Legitimate Power. Power yg dimiliki seseorang krn diberi otoritas untuk mengontrol resources.#influ

14. Yg terakhir dari Formal Power adalah Information Power. Org jadi powerful karena doi punya akses dan control thd informasi. #influ

15. Inget kan, betapa banyak org ingin memberangus kebebasan informasi…ini agar mereka punya power. #influ

16. Kel power ke-2 adl Personal Power. Di grup ini ada Expert Power. Org jd pny power krn dia punya skill, knowledge, dan keahlian. #influ

17. Makanya belajar yg bnyk..more knowledge & expertise bisa “powerful” lho! jaman dulu, jago pedang & jago silat adl yg jadi leader. #influ

18. Oom Steve Jobs itu powerful banget di dunianya, karena doi expert dan skillful banget! #influ

19. Trus ada Referent Power di grup Personal Power ini. Mereka yg memiliki resources yg bisa dijadikan referensi. #influ

20. Terakhir adl charismatic power. Ini rada unik, krn org yg punya power ini terkait dgn personalitynya dan interpersonal skillnya. #influ

21 Org yg punya charismatic power ini, org demen aja sama dia..orgnya asik lah..jd org ngikut aja gitu lho…kagak perlu pake susuk. #influ

22. Gitu deh, ttg power…so, power bkn hnya dimiliki org yang pny massa aja, atau yg ditunjuk jd leader aja, source of power banyak.#influ

23. Skrg tentang influence. Influence itu antara lain adalh penggunaan atau ekspresi dari power. Bikin org ikut apa yg dimaui.#influ

24. “Dewa” nya influence study ini, antara lain adalah Gary Yukl…yg uniknya nggak punya buku yg jadi mega hit..haha.. #influ

25. Output dari influence taktik adalah follower yg commit (abis2xan nurut), atau comply (asal ikut), atau bisa jadi resistance. #influ

26. So, seorang leader, hrs memperhatikan power yg dia miliki, infuence taktik apa yg mau dipakai, dan situasi apa yg dihadapi.#influ

27. Influence yg banyak diteliti org adl yg dipetakan oleh Gary Yukl..sekurangnya dia memetakan 9 (skrg udh jd 11) influence taktik.#influ

28. Yg pertama adalah Rational Persuasion. Ini yg paling umum dan yang paling efektif..tapi seringkali juga lupa dipraktekan. #influ

29. Rational persuasion adalah influence yg menggunakan rasional argumentasi dan data evidence. Buat saya, this is important. #influ

30. Seringkali, yg disebut “debat kusir” tjadi krn proses influence yg dilakukan sangat tdk didukung oleh argumentasi yg rasional. #influ

31. Saya ndak bosan mengingatkan org yg memberi pendapat, dlm konteks ingin agar sy setuju, utk memberikan rasionalitas pendapatnya #influ

32. Rational Persuasion yg baik adlh yg menggunakan alur berpikir yg runtut, clear why, what and how nya. Perlu latihan utk bs jago.#influ

33. Why, What, and How…adl “jalur pedang” utk bs mumpuni dlm rational persuation. Practice hal tsb setiap ingin sampaikan pendapat#influ

34. Penggunaan data dan evidence dlm rational persuasion penting! i dont like persuasion without data..apalagi cuma berdasar rumor#influ

35. Seorang salesman pernah nawarin produk gini “pak, riset kami di Jkt menunjukkan 80% pengguna salep ini gak diganggu nyamuk” Top! #influ

36. Rationalities, data, evidence, adalah key untuk suksesnya rational persuation…now the other key adalah speed! #influ

37. Karena yg mau di influence slalu punya batasan waktu, the faster we explain the rationalities & data tsb, the more success rate. #influ

38. Spt pd bahasan yg lalu, benchmarknya adalah “elevator speech” sell your idea dlm waktu sepanjang satu perjalanan lift bareng. #influ

39. Rational persuasion ini sakti bener kalau digabung dengan Expert Power. #influ

40. Ketika blm jd CEO, sy persuade bule2x GE, bhw saya yg org Indonesia ini lebih tau doing bisnis di Indonesia ketimbang mereka.#influ

41. Salah satu trik rational persuasion adalah dengan menunjukkan bahwa “proposal” kita lebih baik dari yang lain. #influ

42. Influence taktik lain: Inspirational Appeal. Sentuh antusiasme org yg mau diinfluence dgn ide baru,values, idealisme, optimisme.#influ

43. Penelitian saya, ada kecenderungan bhw org Indonesia ternyata “senang” terinfluence dgn taktik inspirational appeal ini! #influ

44. Ketika mereka terinspirasi, baik itu karena ide, values, idealisme, optimisme, atapun hal lain, mereka influenced! #influ

45. Sementara orang Amerika sangat perlu influence taktik yg Rational Persuasion banget. #influ

46. uups sorry lupa mengatakan bahwa penelitian saya ini skalanya adalah manajemen dalam sebuah perusahaan bisnis. #influ

47. Dlm perusahaan, ktika ingin menginfluence atasan utk setuju dgn “proposal” or ide anda, cobalah gunakan inspirational appeal ini.#influ

48. Dlm proposal anda, tambahkan elemen adanya ide baru, optimisme, values ataupun idealisme yg sesuai dengan atasan anda.#influ

49. Gini misalnya “Bu/Pak, kita perlu keluarkan budget tambahan utk proyek ini..karena ini adalah suatu hal yg sangat baru di sini!” #influ

50. Sentuhan kata “baru” atau kata2x yg ada aspek “nasionalis” atau “ideologi” yg sesuai dgn atasn anda, akan berarti dlm influencing.#influ

51. Naaah, utk itu, plajari dulu boss anda, atau org yg mau diinfluence tsb…apa “values” dia yg perlu di touch dlm influencing.#influ

52. Influence taktik ini sifatnya bisa top-down, bottom-up, atau lateral lho…seringkali, yg banyak dipelajari yg top-down aja. #influ

53. As a leader, saya malah banyak menggali influence taktik bottom-up. Bagaimana cara2x follower menginfluence saya. #influ

54. Kenapa? karena good follower tahu lapangan lebih banyak..dan influence mereka yang baik, akan menjadikan saya lebih baik. #influ

55. So, I love to mentoring my followers to understand and practice good influence tactics! #influ

56. Lanjut taktik lainnya: Consultation. Minta org yg mau diinfluence utk “memperbaiki” proposal kita,or involve mrk dlm pmbuatannya.#influ

57. “Boss, aku mau ajukan ini nih, kira2x bagaimana ya baiknya?” ini adlh contoh Consultation tactic. Si boss sbnernya lg diinfluence.#influ

58. Mengajak org2x yg ingin diinfluence dlm suatu team development for a project yg ingin di-gol-kan adl bentuk Consultation Tactic. #influ

59. Makanya hati2x kalau diajak ikut serta dalam membuat suatu hal…hehe…ngertiin dulu sebelum bilang ok utk bergabung. #influ

60. Bisa dipahami kan, knp bisa ada massa yg terkumpul dlm sebuah “idealisme” yg dibentuk bersama? Consultation Tactic works! #influ

61. Ngantuk euyy, baru 3 taktik..msh ada 8 lagi! bsk disambung ya! nite2x temans..spt biasa, ini hanya sharing..open for discussion.

62. Lanjut Influence Tactic #influ ya. Kemarin sampai Consultation Tactic.

63. Consultation, Rational persuasion, dan inspirational appeal adl taktik yg relatif “aman” utk dipakai. Efek negative nya sedikit. #influ

64. Influence taktik yang “aman” maksudnya, yg diinfluence tdk akan bereaksi jd sebel, berasa di”kerjai” atau marah. #influ

65. Sekarang kita bicara influence taktik yang lain. Personal Appeal, yg menggunakan hubungan personal ketika melakukan influence.#influ

66. “Boy, pinjem duit dong…gue kan temen lama elo”…misalnya. Ini adalah contoh influence dgn personal appeal taktik. #influ

67. Atau bisa juga gini..”Boss, remembering the old time..i hope you can approve this proposal, this is important for my family”. #influ

68. Walaupun adakalanya berhasil, influence taktik personal appeal ini beresiko..biasanya sukses cuma sekali atau dua kali. #influ

69. Personal Appeal influence tactic juga membawa efek negative yg besar…Org yg diinfluence merasa adanya “pemerasan” di sini. #influ

70. Even dengan kata paling halus pun, seperti “gue minta tolong sebagai temen nih”…personal appeal tetap beresiko…#influ

71. Influence yg sejenis adl Exchange, meminta sesuatu dgn janji imbalan balik yg akan diberikan. “Bantuin dong..ntar gue kasih deh”.#influ

72. Exchange tactic juga menawarkan sharing…pastinya sharing benefit. “Please support my idea, it will be good for both of us”…#influ

73. Sama sperti Personal Appeal, exchange tactic juga beresiko..walaupun secara “dagang” ini rasional. #influ

74. Dalam praktek sehari2x, influence dgn Exchange tactic ini sering digunakan…tapi lebih banyak top-down dan lateral. #influ

75. Taktik lain yg se-group adalah Ingratiation, atau bahasa kasarnya “licking ass”. Praising, flattering, memuji, agar dikabulkan. #influ

76. “Man, you are the master for this issue…please help me”…macam gini lah contohnya ingratiation tactic. #influ

77. Kocaknya, walau yg diinfluence tahu dia di”ingratiate”, tetep aja seneng, dan seringkali terinfluence. Human loves flattery. #influ

78. “Soal bawa mobil, elo jagonya…elo deh yg nyupirin Jkt-Bdg bolbal ya!”. Eeh, jadi deh disupirin, Ingratiation works!.haha! #influ

79. Ingratiation works in all direction: top-down, bottom-up, & lateral. Tapi, tetep aja high risk..sekali gagal, kartu ketauan! #influ

80. Tiga taktik yg lain masuk dalam grup “very high risk” tactic…use only ketika “terpaksa”: Pressure, Coalition, Legitimating. #influ

81. Pressure tactic…works biasanya top-down (kecuali mau “Blackmailing”). Menginfluence dengan paksaan, ancaman, dan persistensi. #influ

82. “ayoo, main gaplek..kalau ga disk skripsi elo gue ceburin kolam” adlh pressure tactic yg kerap digunakan di kos2x an saya dulu 🙂#influ

83. Utk menghindari taktik influence ini, kami sering jadi james bond..skripsi dicopy dan diumpetin dimana2x, haha! jd ngelantur.#influ

84. Taktik very high risk lain adalah Legitimating. Menginfluence dgn menunjukkan otoritas, atau sesuai dgn peraturan yg ada. #influ

85. Walaupun “agak negative”, tapi taktik ini sering sukses jika urusannya berhubungan dgn policy or peraturan. Org biasanya ngikut. #influ

86. “Man, ini ada suratnya yg bilang elo ada di team gue, elo bantuin dong makanya”…adalah contoh legitimating tactic. #influ

87. Atau gini: “Boss, proposal ini in-line dengan strategy kita yang sudah boss gariskan”..anjrit! rada repot nolaknya kalau gini. 🙂 #influ

88. Terakhir adalah Coalition Tactic. Ini influence yg menggunakan org lain yg disegani, atau dituruti oleh org yang mau diinfluence.#influ

89. Ajak mantan boss nya si boss untuk negosiasiin proyek misalnya…ini adalah coalition tactic. #influ

90. Ini sebenernya tactic reshe, karena bahaya banget..bisa ngerusak hubungan semua org yg terlibat..tapi ya itulah..ada yg pakai. #influ

91. Consultation, inspirational appeal dan rational persuasion tactics biasanya efektif dalam menghasilkan komitmen. #Influ

92. Tergantung dari power yg dimiliki, pemilihan taktik untuk influence ini juga memerlukan kehati2xan. Jangan sampai salah guna. #Influ

93. Orang sering menginfluence dengan apa yg dia nyaman saja..padahal, perlu diperhatikan apa yg nyaman jg bagi org yg di influence. #Influ

94. Lanjutan aplkasi dari infuence taktik di manajemen tentunya adalah negotiation skill. ini ada aspect Art dan Science nya. #Influ

95. Negotiator ulung akan bermain dgn power, influence taktik, dan communication technique untuk memenangkan game nya! #Influ

96. Faktor2x yg tampaknya sepele, bisa merupakan kunci kberhasilan negosiasi. Gesture, eye contact, face expression,dll is important.#Influ

97. Saya banyak mengalami dlm suatu negosiasi kita ngerasa menang, padahal ada yg “terambil” karena kalah lihai. #Influ

98. Dalam tweets ini, kita bicara influence tactic dulu aja…next kita obrolan ttg negotiation skill atau communication skill. #Influ

99. Ah, kelupaan..ini penting. Dlm influence, ada yg dinamakan social influence: influence yg dilakukan scr bersama2x dlm satu grup. #Influ

100. Salah satu social influence yg bahaya adalah Groupthink. Bbrp org setuju, semua setuju…padahal bisa saja decisionnya salah. #Influ

101. Goupthink tjadi ketika org2x “penting” dlm group tsb stuju thd suatu hal,dan yg lain tdkberani bersuara, padahal pny hak yg sama.#Influ

102. Fenomena Groupthink banyak diteliti di keputusan2x politis di Amerika. Perang Irak adalah salah satunya. #Influ

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s