Pembangkit Gas di Hutan Kalimantan – 1

Menuju Muara Teweh

Tawaran survei pembangkit listrik tenaga gas di tengah hutan Kalimantan tentu sayang jika dilewatkan. Pembangkit satu ini akan dibangun di daerah Bangkanai. Suplai gasnya berasal dari sumur yang dikelola oleh Salamander Energy, yang berjarak sekitar 10 km dari lokasi pembangkit. Bangkanai sendiri dapat dicapai dari kota terdekat, Muara Teweh dengan speed boat menyusuri sungai Barito selama 1 jam ditambah perjalanan darat selama 1,5 jam juga. Seru pastinya.

Kali terakhir saya jelajah sungai sekitar tahun 1997. Saat itu sungai yang saya susuri adalah salah satu anak sungai Kapuas dan Kapuas itu sendiri. Lebih banyak serunya ketimbang rasa lelah yang dirasa saat itu. Hitung-hitung bekal masuk Tarnus😀.

Muara Teweh adalah ibukota kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah. Ada beberapa rute untuk mencapainya. Via jalur udara, Susi Air menyediakan pilihan tebang dari Palangkaraya, Banjarmasin dan Balikpapan. Ada maskapai lain yang menyediakan rute ke Muara Teweh. Atas rekomendasi teman kantor, saya memilih Susi Air dengan rute Balikpapan – Muara Teweh.

Saya fikir rute lewat udara lebih menghemat tenaga ketimbang rute darat. Informasi dari tim lain yang memilih rute darat dari Banjarmasin, diperlukan minimal 8 jam menuju Muara Teweh.

Boarding Pass Susi Air

Sungguh boarding pass yang sangat sederhana😀. Sedikit menyulitkan untuk bahan laporan ke kantor.

Informasi yang saya dapat, untuk penerbangan ke Muara Teweh akan mempergunakan pesawat jenis Grand Caravan dari pabrikan Cessna. Berhubung daya angkut terbatas, maka setiap penumpang harus ditimbang beserta barang bawaanya.

Saat mendarat di Bandara Bintang, Muara Teweh

Pesawat yang dipergunakan merupakan keluaran baru, karena dari sisi interior terbilang bersih dan bagus.

7 Comments

  1. segitu aja udah bangga, gw yang sedang kerja disana g bangga tuh.. dan anda sok tau sich , sampai saat ini saya masih disini..di lahei-1 well name K-4,K-6,K-7,dan K-8.. saya mempunyai perenan penting disana. g ada buat berita kayak gini. apalagi salah2 informasi

    1. Maklum bos, saya kan orang kampung. Jadi senang2 saja kalau bisa jalan ke hutan. Btw, bisa ditunjukkan informasi mana yang salah? Kan situ orang yang mempunyai perenan eh peranan penting di sana.

  2. Saling support saja lbih baik frens, tak usah ada yang merasa lebih . kita semua belajar sama2 dari pengalaman juga kok . salam sukses buat semua . Bekerja dan Berpetualang

Tinggalkan Balasan

