Handry Satriago on Corporate Culture

Sebuah uraian tentang budaya perusahaan dari Handry Satriago @handryge yang sayang jika dilewatkan. Kumpulan kultwit lengkapnya bisa dibaca di tautan ini. Salah satu kultwit lumayan panjang yang pernah saya baca.

1. How about ngobrol mengenai Corporate Culture atau #CorCulmalam ini?

2. Siap…sorry jeda..tadi liat Jessica Sanchez dulu…anjrit, keren banget! 🙂 #CorCul

3. #CorCul, definisinya adl kumpulan kepercayaan, sistem nilai, perilaku yg membentuk lingkungan sosial & psikological sebuah organisasi

4. #CorCul bisa terefleksi dari dress code, jam kerja & setup kantor, decision making, cara men”treat” customer, dll operasi organisasi tsb.

5. #CorCul menggambarkan bagaimana orang2x di dalam organisasi tersebut bekerja dan mencapai tujuan ogranisasinya

6. Biasanya, dlm satu perusahaan, ada semacam #CorCul umum yg terjadi, tp juga ada CorCul yg berbeda di tiap2x divisi atau fungsi organisasi

7. Begitulah, kadang kita bilang bagian Finance org2xnya “number oriented”, lalu IT, technical, Marketing, nraktir2x org (haha),dst.#CorCul

8. Juga terjadi di level Korporasi, #CorCul juga sering menjadi citra perusahaan tsb. 3M, misalnya, inovasi, Toyota, lean manufacturing.

9. Tdk selalu jargon2x besar saja yg menunjukkan budaya perusahaan (#CorCul), yg sepele misalnya ketemu boss cium tangan jg tmsk CorCul 🙂

10. BTW, banyak lho, Persh/org yg punya #CorCul unik2x..Selain cium tangan, misalnya, ada jg persh/org yg punya budaya ke ktr hrs pagi bngt

11. Atau, #CorCul misalnya jumat pakai batik, ….or…perusahaan or organisasi yg punya budaya bhw korupsi itu ya biasa saja…(hiks)

12. Determinan #CorCul bisa timbul dari personal valuesnya Organization Founder, Symbols, Heroes, Stories, Slogans, Shared Experience, dll

13. Sebagai contoh, semangat Inovasinya Thomas A. Edison tetap membudaya di GE untuk selalu menghasilkan produk yg membantu manusia. #CorCul

14. Atau teman2x di Majalah Tempo misalnya punya #CorCulintegritas tinggi dan jd “pabrik” wartawan handal @hermien_kleden,@MardiyahChamim

15. Pertanyaannya sekarang adalah, #CorCul apa yang diperlukan oleh sebuah organisasi/perusahaan untuk bisa terus survive dan tumbuh?

16. Juga pertanyaan lain, bagaimana mengembangkan corporate culture yg baik, dan mengganti #CorCul yg tidak baik?

17. dan, pertanyaan: apa role leader dan follower dalam membangun#CorCul yg baik tersebut?

18. Buat saya, #CorCul sangat ditentukan oleh apa yang ini dicapai oleh sebuah perusahaan…It is ok to have a different Corp Culture.

19. Kenapa #CorCul penting? krn “The one thing that set the top-ranking companies apart is their robust culture” Fortune Magazine, 1995

20. hadooh…banyak “gangguan” nih…disambung besok aja ya?#CorCul nya…sorry..

21. okay..kita lanjutkan cerita Corporate Culture #CorCul yang kemarin sempat terhenti…

22. So, rasanya teori #CorCul bnyk yg sdh bahas…ada Hofstede, mantan IBMers yg bikin survey ttg beda culture di corporation di bbg negara

23. Hofstede membuat dimensi culture bdasar 4 hal, power distance, individualisme, maskulinitas, dan uncertainty avoidance. #CorCul

24. Perusahaan Indonesia, tinggi di power distance & di colectivisme..jadi suka hirarki, tp juga suka suasana kerja yg kekeluargaan #CorCul

25. Terus, msh menurut Hofstede, perush Indo punya culture dimensi feminin..yg menyatakan we work to live instead of live to work..#CorCul

26. Hal2x spt yg dikatakan Hosftede ini penting ketika kita akn bekerja sama dgn perusahaan tertentu yg culture dimensionnya brbeda. #CorCul

27. Perbedaan #CorCul seringkali menjadi masalah besar dalam proses merger dan akuisisi..bnyk kegagalan M&A terjadi karena mslah CorCul ini.

28. Understanding #CorCul akan membuat kita lebih siap menerima perbedaan ketika berhadapan dengan perusahaan lainnya.

29. Sekarang kita coba lebih ke praktikal, bagaimana membangun#CorCul yg bagus? nah, pertanyaan pertama tentunya Cor Cul “bagus” itu apa?

30. Dari yg saya amati dan alami, #CorCul yg sangat menyolok dr winning companies adl corcul competitiveness dan always ready to change.

31. #CorCul tidak dibangun dlm waktu singkat…perlu perjuangan dan proses yg cukup utk menjadikan values, beleifs, practices jadi culture

32. Berdasarkan pengalaman saja, saya lihat butuh waktu paling kurang 6 bulan untuk membangun suatu #CorCul yg “sederhana”

33. Perlu konsistensi, keterlibatan semua orang, dan adanya sistem reward & punishment yg jelas ketika membangun #CorCul

34.– belum ditemukan–

35. yg perlu kita ingat, #CorCul jg terbangun dgn adanya ritual, rythm, symbol, stories, dsb yg oleh Schein disebut Artefak

36. So, ngebangun #CorCul nggak bisa cuma dengan menempelkan values perusahaan di poster yg bagus atau di spanduk2x

37. Apalagi kalau #CorCul cuma didengungkan dalam pidato resmi…seringkali nggak jalan itu

38. First, #CorCul harus dipikirkan dulu, values apa yg perlu dibangun..yg sesuai dengan kebutuhan perusahaan….jangan asal tiru saja

39. Bnyk perush/org membangun #CorCul dgn semata meniru corcul persh lain yg dianggap sukses…belum tentu itu bisa berhasil

40. Perush or org yg sdg fokus dgn layanan customer, ndak prlu membangun #CorCul jwab pertanyaan “apa kabar” dgn “Luar Biasa!!!” misalnya 🙂

41. Powell & DiMaggio th 80-an menemukan gejala perush/org yg semata melakukan mimetic isomorphism dlm mengadopsi #CorCul..ya itu, asal tiru

42. #CorCul yg dibangun atas mimetic action td seringkali tdk sukses, wong seringkali kebutuhan dan situasinya beda kok!

43. Sayangnya, saya lihat banyak perush/org di Indonesia ini yg mencoba, mencoba lho, membangun #CorCul nya dgn cara mimetic saja..ikut tren

44. Akibatnya, uang banyak kebuang, #CorCul boro-boro terbentuk…yg ada malah ritual yg membingungkan karyawan…

45. Bentukan #CorCul di perush/org kita, seringkali aneh..zaman balance scorecard misalnya, semua dicoba pakai KPI.yg ada jd bingung sendiri

45. Saya ndak bilang BSC atau lainnya itu tdk penting, but try to be focus, bangun #CorCul yg memang diperlukan, and do it step by step

46. Menerapkan inisiatif baru sgt beda dengan membangun #CorCul. Tahap paling penting malah sesudah bs menerapkan, harus dijadikan budaya..

47. Contohnya bejibun…kita bs lihat berapa bnyk perush/org yg sdh memiliki perangkat ber-email dan ber-web ria, tp email tak jd #CorCul

48. Bsk #CorCul nya kita sambung lagi…skrg tumben2x an sdh ngantuk..hehe..malaaam tweeps

49. Okay, kita lanjutkan obrolan #CorCul, alias corporate culture..membangun CorCul di sbh org/perush adl spt org belajar nyetir mobil

50. Pertama2x org punya tujuan jelas yaitu bisa nyetir mobil dan legally boleh nyetir mobil. #CorCul

51. Begitu jg dgn”belajar” #CorCul, diperlukan tujuan yg jelas, culture apa yg mau dibangun dan brp lama targetnya

52. Lalu org belajar nyetir akan diperkenalkan dgn peralatan2x nyetir…sama seperti #CorCul, mungkin dari bacaan, mungkin info konsultan

53. Lalu mulailah nyetir, kdng nabrak tong sampah, kdang nyenggol pagar..#CorCul jg bgtu..ini prses implementasi yg jg adalah proses belajar

54. Don’t stop here…toh ketika belajar nyetir mobil kita terus nyetir dan nggak berhenti di tengah jalan. Mengembangkan #CorCul jg begitu

55. Di tahapan belajar implementasi #CorCul ini kita berada pd tahapan CONSCIOUSLY-INCOMPETENT. Sadar bahwa perlu, tp masih belum kompeten

56. Kemudian meningkat..spt blajar nyetir mobil..kita udh dpt SIM, tapi masih belum otomatis jago..ini thapan CONCIOUSLY-COMPETENT.#CorCul

57. Tahap conciusly-competent ini tahap penting, seringkali perush/org ngerasa proses mengembangkan #CorCul nya sdh selesai…padahal belum!

58. Again, seperti belajar nyetir mobil, pas punya SIM, kita kan mulai nyetir terus..sampailah pada tahap UNCONCIOUSLY-COMPETENT.#CorCul

59. Pada tahap unconciously-competent ini, kita nggak nyari2x lagi mana lampu sign, mana rem tangan, dst. Semua sdh otomatis.#CorCul

60. #CorCul baru bisa dikatakan jd budaya ketika kita smp pd tahapan Unconciously-Competent ini…sudah melekat dalam praktek sehari2x

61. Repotnya, seringkali org/perush berhenti pada saat mrk baru sampai pada tahapan Conciuously-Competent. #CorCul sebenernya blm jd budaya

62. Nanti pas leadernya ganti, atau proses evaluasi dan monitormingnya berhenti, inisiatif baru yg tadinya dianggap #CorCuljd hilang

63. Banyak contoh tuh, #CorCul yg sesaat jalan, trus jd ilang lagi..spt budaya mtg tepat waktu..bgt leadernya ga on-time, budaya nya ilang..

64. Hal tsb biasanya terjadi krn #CorCul nya blm “matang”..msh berupa semangat, dan tidak jd shared value..hanya bbrp org saja yg involved

65. Yg bikin saya gemes, sering perush/org yg berupaya mengubah#CorCul nya brenti pd tahap “semangat”..implementasi 1-2 kali, trus berhenti

66. Ingat, #CorCul bukan hanya poster, lambang, dan omongan di forum resmi..tp tercermin dalam aktifitas shari2

67. #CorCul itu menular smp ke “organisasi” yg lainnya..spt ke aktifitas di rumah..budaya on-time di ktr, akan merembet ke aktifitas rmh jg.

66. Raph Stayer, juragan sosis di US, yg sukses mengubah #CorCulkantornya, jd punya pegawai yg tdk hanya berubah di ktr, tp jg di rumah mrk

67. Ketika Raph meninggal, funeralnya pnuh org, bkn cuma pegawainya..tp jg kluarga mrk yg merasakan perubahan suami/istri/anak mrk .#CorCul

68. Leader perlu jd “hero” dalam membangun #CorCul. Karena salah satu elemen CorCul adalah stories and heroes. Org akan terkenang selalu.

69. Setiap teringat Jack Welch misalnya, values saya untuk #CorCulgo beyond boundaries, always do the best to win, menjadi menggebu2x

70. Leader akan mewariskan #CorCul pd organisasinya. Baik itu CorCul yg baik ataupun yg buruk..krn hero dan stories adalah bagian dr #CorCul

71. Tentu kita aware knp #CorCul korupsi, lambat & berbelit2x susah dibrantas di negara ini kan? krn akan sll ada omongan “dulu jg begitu”..

72. Leader yg baik akan berupaya menghasilkan values dan practicas yg akan jadi #CorCul…dan ini akan bertahan lama kalau leadernya jd hero

73. Leaders, jadilah hero, tokoh, agent of change, dlm mengembangakan #CorCul. Ndak cukup cuma dgn pidato di forum resmi atau bilang komit.

74. Hal lain yg juga menarik dari #CorCul adalah, ketika CorCul tsb berhasil dan jd new values, pegawai jadi punya kebanggaan thd perush nya

75. T.A. Edison bikin #CorCul besar buat GE, selalu belajar dan jangan takut salah. Bangga benar sy thd hal tsb, & jd alasan sy tetap stay

76. Tahapan tersulit dari mengembangkan #CorCul adlh menentukan budaya apa yang mau diterapkan. Please jgn asal tiru apa yg lg nge-trend.

77. Di tahapan ini, kualitas leader diuji. Leader yg baik akan menggali#CorCul apa yg dibutuhkan untuk membuat org/perush nya maju.

78. …dan #CorCul seringkali bisa berubah, atau harus diubah…kondisi dan situasi external serta internal adalah driver perubahan tsb.

79. Ketika negara ini butuh medeka, #CorCul yg dikembangkan dan terkembang oleh para leaders kita zaman itu adalah nasionalisme utk merdeka

80. #CorCul ini punya saya & jangan diambil! saya mampu atur sendiri. Skrg ini, butuh budaya lain. Tdk ckp dgn mati2x an ini punya saya saja

81. Kita, Indonesia, butuh #CorCul utk bisa berkompetisi di dunia global, menang dan tdk jadi objek globalisasi…and we need heroes for it!

82. Organiasi mahasiswa seyognyanya mencari bentuk #CorCulbaru..corcul profesionalisme dan global players..

83. dan yang paling penting, bukan #CorCul ikut2x an…company will love to support you when you hv new and fresh idea of activities

84. Kalau ditanya #CorCul apa yg dibutuhkan oleh perusahaan2x Indonesia saat ini, menurut saya first adalah #CorCul integrity & compliance

85. #CorCul ini sudah membaik dibanding dulu…yg harus ditingkatkan adl kebanggaan atas #CorCul tsb. Bangga kalau berbisnis dgn integrity

86. Lalu kita perlu #CorCul kreatif dan inovatif. Kita harus bangga kalau bisa nggak asal ikut2xan dan bisa hasilkan hal baru

87. Di tmpat saya, selalu sy pertanyakan kl teman2x bikin acara dgn MC dua org yg sahut2x an,apalagi kalau ga nyambung obrolannya.#CorCul.

88. Yg juga sy bingung adlh pas lg speech di suatu org or perush, trus, pesertanya jawab salam “apa kabar” dgn kalimat “luar biasa!”#CorCul

89. Perusahaan dan organisasi di Indonesia jg perlu mengembangkan #CorCul speed dan simplicity…ga jamannya lg lama dan berbelit..

90. and the most important from #CorCul is adaptability…because the world now changing very quickly with big magnitude of impact

91. — masih dilacak–

92. Mnrt saya, #CorCul yang tak lekang dan selalu ada dalam winning companies ternyata adalah : 1) learning, 2) innovative, 3) integrity

93. That’s all that I have for now on #CorCul…next kita obrol buat mahasiswa or yg mau ngelamar kerja ya..how to build your career..ciao!

– Bagaimana dengan perusahaan atau organisasi anda bernaung? Budaya jenis apa yang dianut. Mungkin bisa dibagi di sini 😀 ?

Iklan

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s