Pomalaa 1

Banyak yang bisa diceritakan dari kecamatan yang bernama Pomalaa. Sebagai pembuka, saya hidangkan 1  foto Pomalaa di sore hari dengan aroma PLTD.

Cerobong di tengah foto sering disebut stack . Di sisi sebelah kiri terdapat ruang mesinDiesel Power Plant. Sedangkan di sebelah kana terdapat radiator yang berfungsi untuk melepaskan panas yang dihasilkan oleh mesin. Salah satu keunggulan mesin diesel terletak pada kecepatan start-up yang terbilang singkat, kurang dari 5-10 menit daya listrik sudah dapat disuplai ke konsumen.

Selain itu, mesin diesel, untuk merek tertentu, terbilang tangguh dalam menyuplai beban dengan karakteristik “roller coaster”. Perubahan beban minimal ke maksimal dalam hitungan detik ataupun sebaliknya dapat ditangani dengan senang hati. Memang diperlukan metode perawatan yang intensif untuk menjaga kehandalan tersebut.

Kehandalan dalam melayani perubahan beban dalam waktu singkat ini dimiliki oleh PLT Mesin Gas dan PLTA. Belum banyak referensi yang saya dapatkan, tetapi akan segera saya tuliskan lewat blog ini.

Cerita mengenai Pomalaa sendiri akan saya munculkan segera.

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s