Asinan Betawi ala Kamboja

Saya termasuk kalangan penggemar aneka buah maupun sayuran. Tidak heran setiap ada kesempatan, saya selalu menyempatkan diri untuk mencoba aneka ramuan makanan yang melibatkan buah atau sayuran. Salah satu jenis makanan yang cukup lazim adalah asinan. Entah kenapa dinamakan asinan, meski rasanya tidak terlampau asin di lidah.

Saat rehat paska sakit DBD yang lalu, ada ulasan menarik tentang asinan Kamboja di sekitar kawasan Rawamangun, Jakarta Timur. Sebenarnya ada ulasan yang lumayan lengkap, disini. Dari ulasan tersebut, saya baru tahu kalau sebenarnya ada 2 buah pusat asinan yang terkenal di Rawamangun.

Kali ini yang akan saya ulas adalah asinan Kamboja H.Mansyur. Menurut cerita saudara sepupu ipar, yang mengajak untuk menajajal asinan ini, H Mansyur mengawali dengan berjualan via pikulan, meningkat ke gerobak dan akhirnya permanen di tempat yang sekarang.

Ada 2 jenis asinan yang ditawarkan, sayuran dan buah. Lebih terkenal yang sayuran sih ketimbang yang buah. Untuk jelasnya, saya akan tampilkan kedua jenis asinan tersebut.

Asinan sayuran maupun buah masih terbungkus rapi

Asinan buah disini masuk jadi favorit saya, perpaduan rasa pedas, masam dan manis cukup mampu menjaga ketajaman daya fikir kita. Dari gambar di bawah, terlihat komposisi mangga, kedondong, besusu atau bengkoang serta nanas. Paling seru disajikan dalam keadaan dingin dan dinikmati di teriknya siang hari. Rasa pedas dan manis dari kuah asinan ini terbilang pas di lidah. Tidak terlampau mengigit ataupun hambar.

Asinan sayur merupakan menu utama di sini. Terbilang cukup komplit untuk memenuhi kebutuhan serat, meski dibarengi oleh saus kacang yang lumayan kaya akan minyak. Taoge, sawi dan kubis. Saus kacangnya sendiri memiliki tingkat masam yang masih dapat ditoleransi ketimbang asinan di jalan Pedati. Asinan sayur ini cocok untuk dikonsumsi sehabis shalat tarawih dalam keadaan dingin.

Oke, untuk lokasi penjualannya bisa dilihat di bawah. Dari beberapa kali kunjungan, warung asinan ini ramai pada saat jam makan siang terutama di akhir pekan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s