Perjalanan Blog

Akhir pekan yang seharusnya diisi dengan memuat laporan, sedikit terganggu dengan investigasi seputar perjalanan blog saya. Awalnya teringat dengan salah satu blog gaek yang pernah saya buat di blogspot.

Mulailah saya mendaftar ulang domain blog yang pernah saya daftarkan. Selain di wordpress ini, ada di blogspot, kompasiana, blogdetik dan dagdigdug.Sepertinya multiply pernah masuk daftar, tetapi seingat saya belum ada tulisan yang sempat menghiasi blog tersebut.

Setidaknya ada 3 orang yang menginspirasi untuk menulis dan membagikan ide maupun pikiran melalui medium internet. Pak Budi Rahardjo melalui blog di insan.co.id yang saat itu banyak berbagi ide mengenai BHTV ( Bandung High Technology Valley ). Yang kemudian menginspirasi saya dalam melakukan presentasi didepan anak-anak SMU bandung.

Pak Made Wiryana, aktifis open source lulusan Jerman, yang saya kenal pertama kali melalui serial tulisan si Pandu. Kemudian saya banyak membaca tulisan atau Lamunannya di pandu.org. Yang kedepannya banyak mempengaruhi minat saya dalam open source dan berkelana di dunia maya. Salah satu pemikirannya yang orisinil, menurut saya , terkait perilaku pengguna internet indonesia. Sebagian besar masih menjadi konsumen informasi ketimbang produsen informasi. Sehingga aliran informasi lebih banyak keluar indonesia ketimbang masuk kedalam pusaran internet nasional. Hal tersebut berakibat pada cara pandang investasi kapasitas bandwith broadband yang lebih banyak dipandang sebagai biaya ketimbang investasi. Oya, merasa sangat terinsipirasi oleh tulisan beliau, saya juga memiliki satu buku IMW yang berjudul From Germany With IT. Buku ini berisi kumpulan tulisan IMW di pandu.org maupun di media cetak.

Pak Onno W Poerbo , pertama saya kenal melalui pemikirannya yang tertuang di buku Filosofi Naif Dunia Cyber. Pinjam dari Zaki. Nuhun Za..  Saat ini, buku tersebut sudah di-open source-kan juga. Tautan menyusul ya. Buku tersebut memberi banyak gambaran mengenai dunia maya internet dan hal-hal apa saja yang dapat kita lakukan didalamnya. Beranjak dari buku tersebut, saya banyak menemukan pemikiran beliau mengenai manajemen pengetahuan , frekuensi 2,4 GHz dan perjuangannya.

Beranjak dari pemikiran beliau bertiga tersebut, tentu lebih baik jika saya turut meramaikan dunia maya nasional dengan berbagi pengetahuan yang saya fahami tentunya atau yang sedang saya pelajari. Karena menurut orang Sunda, learning by teaching not by cicing ( diam ) .

1 Comment

  1. Ping-balik: Simbangando

Tinggalkan Balasan

