Boso Walikan

Judul diatas dapat diartikan  sebagai Bahasa Terbalik atau bahasa kebalikan. Cukup sulit mengartikan secara tepat. Mungkin kalau diterjemahkan ke bahasa Inggris menjadi reverse language . Meskipun jenis bahasa ini termasuk dalam bahasa tidak baku alias slang, prokem. Tetapi sering dipergunakan dalam pergaulan di beberapa daerah penuturnya.

Setidaknya ada 2 jenis bahasa balikan ini. Yang pertama bahasa yang membalikkan huruf-huru latin. Bahasa jenis ini tumbuh subur di daerah Malang. Contoh bahasanya :

kera ngalam == arek malang

nakam = makan

Mungkin bahasa ini juga bisa digolongkan dalam salah satu teknik kriptografi ?

Jenis bahasa kedua, muncul di daerah Jogja dan sekitarnya. Pertama kali mengenalnya saat masih di bangku SD, pertengahan dekade 90. Ternyata, kemunculannya sudah lama sekali. Seorang kenalan sudah mengenalnya saat di SMA pada tahun 70-an akhir. Ciri khas bahasa balikan edisi Jogja ini berdasarkan pengunaan huruf  Jawa.

ha    na     ca     ra    ka

da    ta      sa    wa    la

pa  dha    ja    ya     nya

ma  ga    ba   ta     nga

Tips pengunaannya :

1. baris pertama ditukar dengan baris ketiga, dan baris kedua ditukar dengan baris keempat. Berlaku sebaliknya. Urutan kolom harus sesuai. Maksudnya, huruf pada kolom pertama baris pertama hanya boleh ditukar dengan huruf pada baris ketiga kolom pertama juga. Jadi, pasangan huruf  ha adalah pa, dan sebaliknya. Tidak boleh ha ditukar dengan dha, ja atau nya. Meskipun sama-sama baris ketiga. Kalau anda melakukan perubahan aturan tersebut berarti anda ikut andil dalam menciptakan algoritma kriptografi baru . Selamat !😀

2. Akhiran a dalam bahasa Jawa umumnya dilafalkan dengan suara o .

Tugas akhir, tolong konversikan nama anda ke dalam bahasa balikan baik edisi pertama maupun kedua.  Silakan ketik jawabannya di bagian komentar.

5 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s