Buku Pekan Ini

Kebetulan di Jakarta ada pameran buku, yang sepertinya sudah mnejadi agenda tahunan. Mengambil tajuk “Pesta Buku Jakarta” dan bertempat di Istora Senayan, pameran buku tersebut cukup menggoda untuk didatangi. Terlebih iming-iming diskon besar-besaran cukup menggoyahkan mental terutama di awal bulan.

Setelah direnungkan dan berdasarkan pengalaman 2 tahun terakhir, saya memutuskan untuk tidak menghadiri pesta buku tahun ini. mengingat buku yang sedang saya incar adalah buku-buku terbitan baru dan ancaman kemacetan sekitar senayan yang cukup menghantui. meskipun mengendarai motor.

Akhirnya pekan lalu, saya mengalihkan perhatian ke Gramedia Matraman, yang sering saya singgahi dan jadikan taman bacaan murah meriah 😀 . Awalnya ada 2 buah buku yang saya hendak beli. Pertama adalah buku Memoar Bisuk Siahaan mengenai pembangunan proyek Asahan. Sekilas mengenai Pak Bisuk, beliau adalah alumni Teknik Kimia ITB lulus sekitar tahun 60-an . Setelah lulus, beliau langsung bergabung dengan cikal bakal departemen perindustrian / pertambangan. Setelah mendapatkan pelatihan dan magang di beberapa industri alumunium luar negeri, beliau mendapat mandat sebagai ketua tim teknis proyek Asahan. Proyek Asahan sendiri adalah proyek raksasa yang terdiri dari PLTA Asahan dan beberapa PLTA lain, pabrik peleburan alumunium yang dikelola oleh PT.Inalum ( perusahaan gabungan Jepang dan Indonesia ) serta pelabuhan Kuala Tanjung.

Buku kedua adalah “Jika tidak memiliki daya saing, maka akan menjadi kuli dinegeri sendiri. Ditulis oleh Pak Iman Taufik, yang lulusan Teknik Mesin ITB, dan juga pendiri Tripatra dan GunaNusa Fabricator, sebenarnya cukup direkomendasikan. Meskipun sampai sore saya tidak berhasil menemukan di Gramedia Matraman. terakhir saya ke Gramedia Matraman, buku tersebut berada di lantai 2, bersama dengan buku-buku ekonomi. Sedangkan buku Pak Bisuk Siahaan berada di lantai 3, berada di rak buku Biografi.

Sebelum mencari kedua buku tersebut, mata saya melirik kerumunan orang didekat rak pajang majalah. Perkiraan saya ada talkshow seperti biasa. Ternyata  obral buku yang belum laku. Mulai dari harga 5000 rupiah sampai diskon 50% . Saya kaget saat melihat buu Profesi Manajemen Tanri Abeng dilepas dengan harga 20 ribu rupiah. Padahal saat diluncurkan sekitar tahun 2006, harganya 60 ribu rupiah . Isinya sangat bagus meskipun tata letak dan pemilihan hurufnya cukup membuat mata terasa pening 😀 . Di pojok obral ini, saya memilih sebuah buku tentang Musashi, The Lone Samurai. Harganya cukup murah, 10 ribu rupiah. Pertimbangan saya membeli, karena saya pernah membaca edisi bajakannya / electronic book nya, Sehingga saya memutuskan untuk membalas kebaikan si penulis. meskipun buku yang pernah saya baca berbeda penulisnya dengan yang saya beli.

Saat penat mencari buku Pak Iman Taufik, saya berjalan-jalan diseputaran buku Manajemen. Disana saya menemukan sebuah komik Project X. Komik ini bercerita tentang Honda, perusahaan otomotif yan berusaha bangkit dengan cara memenangkan seri balap dunia. Maklum, dikalangan pabrikan otomotif, berlaku hukum bahwa siapa yang menjadi penguasa lintasan balap maka produk-produknya akan laris dipasaran. Selain itu, Seichiro Honda selaku pendiri perusahaan juga menjadi momen tersebut untuk membangkitkan semangat anak buahnya paska ancaman kebangkrutan beberapa waktu sebelumnya.

AKhirnya saya mendapatkan 4 buah buku, Proyek Asahan , Project X, Musashi dan uuupss, satu buah buku lagi tentang kelistrikan. Saat melihat perkembangan judul buku teknik, saya melihat belum banyak tambahan judul baru pada jenis buku teknik. Khususnya di teknik ketenagalistrikan. Nama-nama yang masih beredar adalah Pak Djiteng dengan 2 buah buku, Pak Abdul Kadir dengan 1 buah buku serta Pak Ali Herman dengan 1 buah buku. 2 nama pertama adalah mantan Dirut PLN, sedangkan nama terakhir adalah mantan Direktur Pembangkitan PLN.  Yang unik, di buku pak Ali Herman, penulis kata pengantar adalah Dahlan Iskan, yang saat ini menjadi Dirut PLN. Tentu dengan pengalaman membuat PLTU dan membaca buku General Checkup Ketenagalistrikan akan semakin menambah wawasan Pak Dahlan dalam membereskan masalah-masalah di tubuh PLN.

Untuk beberapa pekan kedepan, buku Pak Djiteng mengenai pembangkitan sudah saya masukkan ke daftar tunggu. Nantikan saja ulasan saya mengenai buk tersebut dan keempat buku yang sudah saya beli pekan lalu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s