Konversi Energi

Tulisan kali ini akan membahas tepatnya mengingat-ingat kembali mata kuliah saat masih di Bandung dulu. Bisa jadi mata kuliah ini sudah tidak ada atau berganti nama.

Konversi Energi

Mata kuliah ini ditawarkan di semester 3 . Diasuh oleh Pak Qamaruzzaman, Pak Agus Purwadi dan Pak Tasrif.  Dua dosen pertama yang berkecimpung di laboratorium Konversi Energi Listrik ITB , lebih banyak memberikan ilmu teknis. Mulai dari pembangkitan sampai ke arah beban berupa motor. Sedangkan Pak Tasrif yang berasal dari subjur kendali yang kemudian beralih ke bidang energi lebih banyak berdiskusi mengenai energi di Indonesia. Terutama terbarukan.

Satu hal yang saya ingat dari Pak Tasrif, saat berdiskusi mengenai biofuel di Indonesia. Saat itu beliau bercerita bahwa perkembangan biofuel baru sebatas wacana. ( baru saat kenaikan harga minyak tidak dapat ditolerir, perhatian diberikan ke biofuel, -pen) . Selain itu, beliau juga mengingatkan bahwa pertarungan antara kebutuhan energi dan pangan, masih akan dimenangkan oleh kebutuhan pangan. Saat itu, saya menanyakan potensi biofuel dari singkong.

==bersambung==

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s