Baliho Pilkada

Beberapa waktu yang lalu, saat sedang melewati propinsi Lampung, terlihat baliho calon kepala daerah bertebaran di sepanjang jalan yang saya lewati. Sepertinya sebagian daerah di Lampung sedang mempersiapkan calon pemimpin daerahnya masing-masing.

Seperti pemilu yang lalu, sepertinya pemasangan baliho atau spanduk mencari dukungan untuk setiap calon teramat tidak berkonsep. Sehingga berkesan merusak pemandangan dan hanya menjadi sampah visual semata. Tetapi kita harus kreatif dalam memandang segala hal. Dibalik kesemrawutan pasti ada suatu hal positif yang bisa kita dapatkan.

Pertama, saya bisa mengetahui sedang berada di kabupaten mana. Tentu setiap spanduk pemilu pasti mencantumkan wilayah pemilihan sang calon, yang fotonya muncul di spanduk atau baliho tersebut.

Kedua, secara sekilas kita dapat mempelajari latar belakang si calon. Minimal latar belakang pendidikan ( terlihat dari deratan gelar yang terpajang ) dan latar belakang keluarga (terlihat dari foto ortu yang tampil sebagai latar belakang ). Biasanya foto ortu ini dimunculkan jika si ortu merupakan tokoh masyarakat juga.

Seperti yang pernah dituliskan oleh mas Bambang Haryanto saat pemilu tahun lalu, kebanyakan calon ini tidak/ jarang menginformasikan cara menghubungi mereka. Atau minimal kontak person tim pemenangan sang calon. Mungkin Facebook fan Page, blog, twitter, kronlogger, email sampai yang sederhana alamat posko dan nomor ponselnya. Karena saran untuk komunikasi tersebut berguna jika kaum massa mengambang ingin menanyakan visi, misi serta program yang akan dijalankan jika calon kepala daerah tersebut terpilih.

Atau calon dan tim pemenangannya merasa , pemilih tidak akan memperdulikan dengan semua itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s