Menjadi Agen Rahasia

Intelijen dan agen rahasia selalu menjadi tema cerita yang menarik. Dari cerita yang bergenre serius sampai dengan genre yang sering bermain api semacam James Bond . Untuk di Indonesia, jika anda berminat mengabdi di dinas Intelijen, anda dapat bergabung dengan Sekolah Tinggi Sandi Negara. Memang belum tentu anda akan menjadi agen rahasia yang melanglang buana ke pojok Nusantara. Karena banyak sekali aspek yang dipelajari dalam dunia Intelijen.

Intel Melayu

Beberapa kali saya membaca istilah Intel Melayu. Julukan ini ditujukan kepada kalangan intelijen baik dari militer, kepolisian ataupun sipil atas keteledorannya dalam membuka identitasnya. Bahkan ada beberapa kasus yang memperlihatkan kartu anggota maupun surat penugasannya.

“Merasa diremehkan sepertinya, sampai menunjukkan surat tugasnya  hehehe”

Tips menjadi agen rahasia

Setidaknya ada 2 tokoh yang menuliskan cara mudah menjadi agen rahasia. Pertama, Made Wiryana . Tokoh open source Indonesia ini menuliskan caranya di sini . Tulisannya yang berjudul Agen Rahasia Masa Kini , menceritakan bagaimana teman-teman dari  Asia Timur yang bekerja di Jerman, berusaha mendapatkan rahasia keberhasilan Jerman dalam pembangunan. Kemudian mengirimkannya kepada rekannya yang ada di kampung halaman.

Tidak berbeda dengan IMW, Bambang Haryanto, tokoh epitoholik Indonesia juga menuliskan hal senada di sini. BH menuliskan cara Jepang dalam menguasai ekonomi dunia melalui agen-agen rahasianya.  Mengambil gambar, menuliskan detail dari perencanaan sampai ke penggunaan obyek yang diamati. Obyek yang diamati bisa beragam, disesuaikan dengan bidang keahlian dan minat . Mulai dari perencanaan kota, tempat wisata, sistem transportasi, energi listrik, gas, pengaturan mall dan warung sampai ke sistem pendidikan.

Sampai saat ini, sudah banyak WNI yang menuliskan hasil pengamatannya di luar negeri. Tetapi tampaknya belum ditindaklanjuti oleh pengambil kebijakan baik tingkat daerah maupun nasional.  Buktinya ? Mereka lebih memilih studi banding ke luar negeri ketimbang meminta informasi detail hasil pengamatan saudara-saudara kita yang sedang berada di luar negeri.

Nah, kalau anda sedang berada di luar negeri atau berencana ke luar negeri dalam waktu dekat. Saya sarankan anda mulai mempersiapkan catatan dan kamera (kalau tersedia). Sesampainya di sana , mulailah untuk mengamati, mengumpulkan informasi dan data, kalau perlu anda buat analisanya. Boleh dangkal , bisa juga mendalam. Kemudian kirimkan ke dosen anda ( jika anda meneruskan sekolah) , ke pimpinan anda ( jika anda sedang dalam rangka dinas) atau tuliskan saja di blog anda kemudian beritahukan ke saya. Karena dengan senang hati, saya akan menautkan blog anda dan mempromosikannya.

Tidak sulit kan untuk menjadi agen rahasia ?

Iklan

4 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s