Mandiri Energi

Tepat sepekan yang lalu, setelah mengantar Mr. Ngam kembali ke negeri jiran, saya menonton acara Paradiso di TV7 . Kebetulan edisi pekan lalu mengunjungi goa dan pantai di wilayah Gunung Kidul.

Satu hal yang cukup membuat miris, saat si reporter bertanya kepada salah seorang penjual kelapa muda. Apakah dia bisa mengisi ulang baterai ponselnya, yang dijawab tidak bisa oleh si penjual . Alasannya di pantai tersebut, belum masuk jaringan listrik PLN . Padahal dari sapuan kamera , terlihat cukup banyak warga yang sedang berwisata di pantai tersebut. Parahnya, sampai beberapa tahun yang lalu, di pantai tersebut, masih mengalami kesulitan air bersih. Untunglah kemudian ditemukan sumber air tawar yang berada di sebuah gua tidak jauh dari bibir pantai. Penduduk yang menemukan sumber air tawar tersebut, terinspirasi dari seekor anjing yang baru keluar dari gua dengan tubuh basah kuyup.

Kembali ke persoalan listrik tersebut, meskipun PLN masih memonopoli usaha mendistribusikan listrik ke konsumen, bukan berarti warga biasa dilarang untuk mengusahakan sendiri produksi listriknya. Contoh segar adalah ibu Sri Mumpuni dengan proyek-proyek mikro hidro nya diseantero nusantara. Kalau melihat karakteristik wilayah pantai di Gunung Kidul, ada beberapa pilihan pembangkit listrik . Pertama tenaga angin, mengingat rata-rata kecepatan angin di pantai selatan Jawa masih memenuhi kebutuhan minimal . Kedua adalah tenaga matahari. Dari seliweran informasi, beberapa daerah di Gunung Kidul atau Bantul pernah dijadikan proyek perintis PLTS ( Pembangkit Listrik Tenaga Surya ) . Tetapi proyek tersebut akhirnya terlantar karena perangkat yang dipergunakan tidak terurus. Entah tanggung jawab siapa harus diserahkan mengenai urusan pengoperasian dan perawatan PLTS. Yang jelas, kesalahan tersebut sudah menjadi pelajaran berharga bagi perencana proyek-proyek wilayah mandiri energi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s