Duh Indonesia…. (Salut buat Markus Horison, Boas kamana wae ente…)

Tadi malam, saat menonton pertandingan AFF Suzuki Indonesia lawan Thailand, yang dimenangkan oleh Thailand 1-2, saya tidak merasa terlalu kecewa. Justru kasihan terhadap timnas yang selama 80 menit lebih harus bertahan dari gempuran pasukan gajah muda Thailand. Dan akhirnya harus kebobolan 2 gol pada babak kedua.

Petaka mulai terjadi saat Charis Yulianto dan Markus bertabrakan diudara saat akan mengamankan gawang dari tendangan bebas atau passing (?) pemain Thailand. Selama beberapa menit, Markus sempat terkapar meringis kesakitan. Bahkan Feri Rotinsulu sempat terlihat sudah melakukan pemanasan. Toh, akhirnya  Markus tetap memaksakan diri untuk bertempur melawan bomber-bomber muda Thailand. Dan beberapa menit kemudian ( sekitar menit ke-80), gawang Indonesia kebobolan oleh pemain Thailand bernomor punggung 7.  Dia mendapat umpan dari Dangda yang berada disisi kiri gawang , si nomor 7 ini secara mengejutkan muncul dari sisi kanan gawang, tepatnya dari belakang si Charis. Oya,Dangda sekilas mirip Duta Sheila On 7 hehehe.

Sedangkan untuk gol yang kedua, saya sudah lupa proses terjadinya :p . Sedangkan gol yang didapat Indonesia pada menit ke-9, merupakan hasil bunuh diri pemain Thailand😦

Momen yang paling menarik  menurut saya bukan terjadinya 3 gol tersebut. Tetapi saat salah seorang pemain Thailand yang mampu memberikan umpan ke kotak penalti dan langsung disambar oleh rekannya dengan kaki kanannya sebelum menyentuh rumput. Untungnya… sekali untungnya bola itu membentur mistar gawang meskipung Markus sudah melakukan tindakan yang tepat dan sepertinya akan bisa ditahan Markus.

Toh, seperti yang saya tulis diawal, saya tidak merasa rugi menonton pertandingan tadi malam. Setidaknya teknik bermain pasukan Thailand bisa saya coba di futsal nanti, halah..halah…

Dari pertandingan tadi malam, saya bisa simpulkan beberapa hal :

1. Semangat bertempur timnas Indonesia tidak terlihat ( kecuali Markus dan Budi Sudarsono). Sepertinya cerita saat menaklukkan Bahrain hanya dijadikan kenangan belaka.

2. Ganti pasukan inti Timnas dengan yang muda, stamina tinggi, kemampuan olah bola , umpan dan shooting  yang mumpuni. Bayangkan saja, rata-rata anggota timnas Thailand tadi malam berusia dibawah 26 tahun.Sedangkan usia pemain Timnas kita mendekati 30 tahun. Pantas saja sering kalah stamina tadi malam. Dan hebatnya emosi pemain muda Thailand sangat matang, walaupun sempat terlihat ada “komunikasi emosi” antara pemain Indonesia dan Thailand. Ganti Bambang Pamungkas dan Ponaryo Astaman dengan Boaz Solosa dan Jajang Mulyana. Boaz kemampuannya melebihi BePe dan kecepatan larinya wus..wus..wus… (sayang dia sering diincar pemain lawan untuk ditackle ). Jajang sendiri memiliki postur ideal untuk pemain depan dengan tinggi lebih dari 180 cm. Satu modal bagus untuk berhadapan dengan pemain-pemain asing yang posturnya besar-besar.

Untuk pengganti Budi Sudarsono, saya belum ada calon nih.. Semangat tempurnya masih terlihat, tetapi perlu dipersiapkan untuk penggantinya..

3. Pelatih BenDol atau Benny Dollo sepertinya perlu diganti. Beberapa saat sebelum pertandingan saya sempat menulis di Ngecap.com bahwa BenDol perlu dikasih kesempatan paling tidak setahun lagilah. Tapi melihat tindak-tanduknya tadi malam , kepercayaan saya mulai luntur.. Bayangkan hampir sepanjang pertandingan, BenDol hanya duduk-duduk saja di bangku pelatih. Sesekali dia memberikan instruksi kepada pemain. Sedangkan pelatih Thailand hampir sepanjang pertandingan berdiri di tepi lapangan memberikan semangat dan instruksi kepada pemainnya. Baru setelah Thailand menyamakan kedudukan, barulah dia duduk di bangku pelatih.

4. Ganti Nurdin Halid dan Noegraha Besoes

NH adalah Ketua Umum PSSI sedangkan NB adalah Sekum PSSI.  Saya tidak terlalu mau banyak komentar terkait duet maut ini. You know lah…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s