As Built Drawing

Salah satu acara serial yang cukup saya gemari adalah “Prison Break” produksi FOX Television. Awalnya tidak terlalu ngeh dengan serial ini, sampai suatu saat saya “diracun” oleh Wicak yang sedang dalam masa hibernasi..

Kalau anda juga mengikuti alur cerita serial tersebut, mungkin anda akan sama dengan saya, terkagum-kagum dengan kecerdasan Michael Scofield, insiyur sipil dengan spesialisasi struktur, mampu merancang rencana kabur dari penjara dengan memanfaatkan drawing lay out penjara dan spesifkasi teknis dari peralatan yang terpasang..

Bayangkan saja, hanya dengan mendasarkan pada gambar yang didapatnya, Scofield mampu mengubah sekrup yang didapatnya dari kursi di taman penjara supaya sesuai dengan ukuran sekrup dari toilet di sel penjaranya.

Entah jika Scofield, dipenjara di Indonesia. Bisa jadi dia akan mengalami kesulitan jika hendak kabur dengan cara ilmiahnya. Bisa jadi, gambar-gambar yang didapatnya berbeda jauh dengan kondisi terakhir yang ada. Sehingga dia terpaksa kabur dengan cara-cara tradisional. Hahahaha

Kembali ke As-Built Drawing , ada saatnya pekerjaan yang kita laksanakan mengalami sedikit modifikasi dari rencana yang sudah di-approve oleh pemilik proyek. Maka modifikasi tersebut dapat ditampung di As-Built Drawing. Sedangkan, untuk modifikasi dalam skala besar, rasa-rasanya perlu diminta persetujuan kepada pemilik proyek.

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s