pengantar analisa sistem tenaga

beberapa hari ini menyempatkan diri untuk merapikan serta mengurangi berkas-berkas hasil kuliah sembari menunggu panggilan dinas lapangan. ternyata masih ada koleksi lengkap beberapa mata kuliah. Salah satunya berkas kuliah analisa sistem tenaga.

Di teknik elektro ITB, kuliah analisa sistem tenaga diberi kode EP 4051, arti angka 4 berarti dilaksanakan di tingkat 4 dan angka 1 berarti kuliah ini diberikan di semester ganjil(gasal). Mata kuliah ini diasuh oleh p’nurdin serta p’nanang. Selain itu, kuliah ini juga dilengkapi tutorial yang dipegang oleh ibu henny. Sebenarnya cukup banyak bahan pendukung kuliah ini yang tersebar di toko buku maupun internet. Bisa cari sendiri kan?? Untuk referensi utama kuliah ini adalah buku Power System Analysis tulisan Prof. John J Grainger dan Prof William D stevenson Jr (alm).

Materi yang dibahas adalah bab 7 sampai dengan bab 16, tetapi bab 15 yaitu State Estimation of Power SYstems tidak dimasukkan dalam ujian. Oke, saya bahas satu persatu…

Bab 7 adalah The admittance model and network calculation
Admittance atau admitansi memiliki notasi Y. Admitansi sendiri menjadi salah satu parameter yang dapat dipergunakan dalam analisa sistem tenaga disamping impedansi (Z). Admitansi (Y) sering didefinisikan sebagai 1/Z . Nah, di bab 7, anda akan mempelajari cara-cara memodelkan jaringan listrik beserta komponennya dengan representasi admitansi. Setelah model jaringan dihasilkan, anda dapat membuat matriks admitansi yang merepresentasikan model tersebut. Dari matriks Y tersebut, anda akan dapatmengutak-atiknya supaya lebih efisien dan simpel. Ada beberapa teknik untuk mencapainya. Misalnya metode successive elimination atau node reduction ( kron redution ). Oke, cukup kuliah untuk hari ini.

Namanya juga pengantar. Anda yang mengambil kuliah serupa dapat mencari referensi lain, dan jika anda rasa berguna , anda diharapkan untuk memberitahukannya via blog ini :), Terima kasih..

5 Comments

  1. Aslykm.
    Saya dr Electr. Eng ITS, sekarang juga membahas materi-materi Power Eng. di blog-ku. Senang sekali bisa ktemu teman-teman yang memberikan masukan dan materi yang bagus di bidang ini. Oh iya, klo bukunya Stevenson dan Grainger itu filosofis banget, klo mau yang lebih mudah difahami itu bukunya Hadi Saadat aj. Tapi memang filosofinya juga harus ngerti.

    Klo mau mempelajari tentang Load Flow / Power Flow itu memang harus dimulai dengan membuat matriks impedansi / admitansi bus yang didapat dari hubungan setiap bus. Kemudian dihitung aliran daya dari semua bus dengan persamaan non-linear kemudian melakukan iterasi, untuk mengetahui nilai tegangan dan sudut daya pada masing-masing bus.

    Dilanjutkan ya materi ini, nanti saya coba bantu diskusi.

  2. mantap blognya… btw minta link lain donk yg bahas masalah analisa sistem tenaga. kalo bisa masalah arus hubung singkat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s