Phantom Loads atawa beban laten

Istilah phantom loads saya dapatkan pertama kali saat membaca majalah Home Power. Bisa diterjemahkan sebagai beban hantu atau beban laten dari peralatan listrik.. hal yang menarik dari artikel tersebut, seringkali kita menyangka saat peralatan listrik sudah kita matikan maka tidak ada aliran listrik yang mengalir .

Ternyata anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar… Menurut artikel di majalah tersebut, sebenarnya masih ada energi listrik yang mengalir ke perangkat listrik tersebut. Misalkan komputer, diperkirakan sekitar 1-2 watt daya yang dikonsumsi oleh komputer meskipun komputer/cpu sudah dipadamkan.

Hal ini pernah saya buktikan dengan komputer saya.  Kebetulan sistem pentanahan di kamar tidak terlalu bagus, jika saya menyentuh casing komputer tanpa mengenakan alas kaki yang berfungsi menghalangi tubuh dengan lantai / tembok, maka akan terasa ada aliran listrik yang mengalir di tubuh.

Memang 1-2 watt bukanlah suatu daya yang cukup besar untuk menjadi perhatian. tetapi 1-2 watt untuk berhari-hari, berbulan-bulan bahkan setahun.  bisa jadi suatu kuantitas yang membuat rekening listrik terasa berat.

jadi solusi singkat, setiap anda ingin meninggalkan perangkat listrik anda tersebut dalam waktu lumayan lama, mending cabut saja kabel listrik komputer  dari colokan / jaringan listrik anda.

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s