aroma coffe ,factory outlet kopi@ banceuy,bandung

beberapa hari yang lalu,ada tayangan jalan-jalan yang dipandu teh riyani djangkaru tentang sebuah factory outlet khusus kopi , aroma coffe. tepatnya tanggal 18 desember 2007, saya ke sana menemani seorang shohibul al-bondowoso, untuk membeli bubuk kopi robusta dan arabika. saat itu, beliau membeli masing-masing setengah kilogram robusta dan arabika. dengan total 43ribu rupiah.

lokasinya sendiri berada dijalan banceuy yang terkenal dengan pusat jual-beli onderdil otomotif. aroma coffe sendiri terletak dikiri jalan tepat dipersimpangan jalan pecinan lama, didepannya terdapat toko harapan jaya.

di aroma coffe,  jika tidak dalam kondisi banyak konsumen, pengunjung dapat meminta supaya dipandu melihat-lihat bagian dalam pabrik aroma coffe tersebut. Kebetulan, tempo hari kami mendapatkan kesempatan tersebut. Ditawari langsung oleh pak widya pratama, aroma kopi langsung menyambut dengan kuatnya saat kami memasuki bagian dalam  pabrik. Didekat pintu masuk pabrik, terlihat ada beberapa jenis kopi yang terletak dibeberapa tampah yang berbeda. ada yang baru berusia 1, 3 dan 5 tahun. Semakin lama usianya, semakin gelap warna biji kopinya.

dijelaskan pula, bahwa semakin lama usia penyimpanan biji kopi, maka akan semakin berkurang pula kadar asam pada biji kopi tersebut. Kadar asam yang tinggi inilah yang menyebabkan seseorang merasakan kembung setelah mengkonsumsi kopi terutama kopi instan. Memang dengan berkurangnya kadar asam pada biji kopi akan menyebabkan berkurangnya berat biji kopi tersebut. Hal yang menarik lainnya adalah biji kopi yang akan diolah, dibakar terlebih dahulu dengan kayu pohon karet. sehingga akan menambah sensasi tersendiri.

Masuk ke dalam gudang penyimpanan, ada beberapa lokasi yang dibagi berdasarkan lama penyimpanan biji kopi tersebut. Jika anda  melayangkan kepalan tinju ke karung yang berisi biji kopi berusia 1 tahun, maka anda akan merasa meninju karung berisi beras. Sedangkan jika anda menghantam karung kopi berusia 5-8 tahun serasa menghantam tembok.

sedikit tips untuk penggemar kopi, jika anda penderita tekanan darah tinggi dan menyukai aroma kopi yang bersifat mild, disarankan untuk mengkonsumsi kopi jenis arabika. Sedangkan kopi robusta, yang berasal dari kata robust atau kokoh, tidak cocok dikonsumsi oleh penderita darah tinggi. karena robusta memiliki efek mempercepat aliran darah. Selain itu, robusta memiliki efek seperti doping yang akan memberikan energi tambahan bagi yang mengkonsumsinya.Bisa jadi semalaman anda tidak bisa memejamkan mata. Tidak disarankan bagi kawula muda yang berusia dibawah 30tahun,percaya saja pada kemampuan anda sendiri.

6 Comments

  1. ooo gitu ya Yan, aku sering kembung dan mules kalo minum kopi instant, trus kepala berat, apalagi kalo minumnya di kafe, mules dan pusingnya lebih parah , mikirin bayarnya😀
    tapi minum kopi k*p*l *p* baik2 saja, paling enak kalo pake gula jawa (gula merah)

  2. #masadi : mungkin aja efek mulesnya dah dikompensasi oleh gula aren kali… kalau saya kadang suka minum kopi ginseng. cuma tidur dua jam tapi paginya dah seger lagi…ckckck

  3. kata temenku yang penggemar kopi sih, perut kembung kalo abis minum kopi tu karena air yang digunakan memang sudah panas tapi belum benar-benar mendidih (matang)… tapi gak tau bener ato tidak soalnya aku bukan penggemar kopi.. hehehe.. hidup air putih!!!

  4. menurut saya,sebenarnya minum kopi itu baik untuk kesehatan,asal tidak berlebihan.menurut beberapa penelitian maksimal minum kopi 4 cangkir tiap hari masih bisa ditoleransi oleh tubuh.lebih dari itu bisa menimbulkan efek bagi kesehatan.karena segala sesuatu klo berlebihan kan tidak baik.ok

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s