Beda Linux dengan IGOS

Beberapa waktu yang lalu, saya menyempatkan diri melihat-lihat kata kunci yang membawa seseorang sampai mengunjungi blog saya ini. Salah satunya adalah “Beda Linux dengan IGOS “. sebenarnya masih ada kata kunci yang lebih seru lagi. tetapi lain kali saja saya bahas…

Linux adalah kernel atau bagian inti dari sistem operasi komputer. Pada perkembangannya, Linus Torvald, menambahkan aplikasi-aplikasi buatan Richard M Stallman dari FSF sehingga membentuk suatu sistem operasi seperti MS Windows , MacOS, Solaris, FreeBSD dan lain sebagainya. Sehingga seringkali sistem operasi linux disebut sebagai GNU/Linux meskipun lebih mudah jika disingkat menjadi Linux saja.

Karena sifatnya yang terbuka / open, memudahkan siapapun yang berkeinginan dan memiliki kemampuan untuk meodifikasi sesuai keinginannya.. Sehingga muncullah berbagai macam variasi sistem operasi linux. Baik dari segi tambahan fitur pada kernelnya sampai dengan tampilan pada desktopnya..

IGOS sendiri adalah variasi linux atau distro yang dikeluarkan oleh BPPT dan Kementrian Ristek RI. IGOS dibangun berdasarkan distro linux fedora yang merupakan penerus linux red hat edisi personal. Tetapi ada kabar bahwa IGOS akan dibangun berbasiskan distro ubuntu.

Yang jelas, setiap distro yang memiliki basis pengguna yang besar umumnya memiliki kecepatan upgrade / peningkatan kinerja yang cepat. Misal Ubuntu, OpenSuse dan redHat. debian sendiri karena mementingkan kestabilan sistem memilih langkah upgrade yang terbilang lama dibandingkan dengan distro yang lain.

Sebagai gambaran, baru beberapa bulan yang lalu, saya menggunakan fedora core 7, tetapi beberapa pekan kemudian muncul fedora core versi 8. Akhirnya saya kembali ke opensuse 10.1 karena berbagai alasan termasuk bujukan mas vavai.. rencana bulan depan ingin upgrade ke opensuse `10.3 plus cari dvd repositorinya yang sebesar 6 keping dvd. Eh sudah dikagetkan dengan rencana keluarnya opensuse 11 . Puyeng…

2 Comments

  1. Ada saran gak kalo mau belajar linux untuk pemula seperti saya ini sebaiknya pake distro apa??

    *btw link-nya blogku salah tuh Ndo, yg benar muntoha.wordpress.com hehe

  2. #muntoha : mending pake dulu distro yang banyak penggunanya. misal opensuse, ubuntu, mandriva, fedora core, debian, slackware. lengkapnya bisa dilihat di forum.linux.or.id . supaya mudah cari bantuannya.

    oya, link sudah diperbaiki.. trims

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s