Balada Spekulan Tanaman

Sudah beberapa lama meninggalkan Jogja, rasanya banyak hal yang berbeda. Selain udaranya yang semakin panas, meskipun belum sepengap jakarta.. Beberapa hari di jogja dan membaca harian Kedaulatan Rakyat, rasa-rasanya ada yang aneh. Tren tanaman mahal saat ini berpindah ke tanaman gelombang cinta dan anthurium jenmanii, padahal pertengahan tahun ini, tren masih dipegang oleh tanaman anggrek atau tanaman berbunga..saya pribadi tidak terlalu tertarik untuk mengkoleksi tanaman-tanaman mahal tersebut, yang rata-rata sudah mencapai orde jutaan rupiah. Hanya saja, geli dengan beberapa pengalaman kolektor kedua tanaman tersebut. Umumnya para kolektor tersebut memelihara tanaman tersebut hanya untuk investasi beberapa bulan, dengan harapan dalam beberapa bulan/tahun kedepan harganya sudah meningkat berlipat-lipat…

Tetapi, kalau belum rezeki , ya susah. Atau memang beliau-beliau itu dijaga hartanya supaya tidak tercemar dari investasi yang berbau spekulasi semacam itu. Ada yang tanamannya dicuri, ada juga tanamannya dimakan oleh binatang seperti kambing atau ayam yang berada disekitar rumahnya. Hobi orang memang aneh-aneh saja. Kenapa tidak memelihara tanaman berbunga saja, yang cukup menyejukkan mata. Atau kalau ingin investasinya abadi, bisa ikut program wakaf pohonnya LWZ Masjid Salman ITB, yang berusaha menghijaukan kembali lahan-lahan kritis ( masih ada ga ya programnya?)

Yah, dari informasi beberapa teman yang mengikuti perkembangan dunia tanaman hias di Jogja dan Jateng, menurut mereka itu adalah permainan dari bandar-bandar tanaman hias yang skala besaar, sehingga mereka bisa mengubah-ubah harga tanaman yang ada..

Iklan

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s