Prosedur Memperpanjang KTP di Kabupaten Sleman

Sedikit berbagi pengalaman saat memperpanjang KTP …
1. Persiapkan berkas-berkas yang diperlukan , seperti KTP lama, pas foto2x3 (2 lembar ) dan Kartu keluarga asli dan fotokopian.
2. Sowan ke pak dukuh untuk meminta formulir perpanjangan , isi formulir perpanjangan tersebut sekaligus mintalah tandatangan pak dukuh. Di fase ini, gratis, tidak perlu mengeluarkan biaya apapun.
3. Setelah beres, bawalah formulir beserta berkas yang telah anda persiapkan ke kantor kelurahan tempat tinggal anda. Sesampainya di sana, mintalah tanda tangan lurah via bagian pelayanan umum. Disini anda perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp2000,00
4. Setelah selesai, bergeraklah ke kantor kecamatan. Serahkan semua berkas-berkas yang anda bawa dan diminta oleh petugas kecamatan. Di kantor kecamatan , anda akan dikutip biaya sebesar Rp4000,00 dan menunggu selama kurang lebih 2 pekan.  Anda akan diberikan sebuah tanda terima untuk pengambilan KTP baru anda.
5. setelah 2 pekan jangan lupa untuk mengambil ktp baru anda dan tukarkan dengan tanda terima yang sedang anda pegang.

Lumayan murah juga kalau mengurus sendiri… dengar-dengar tahun depan, kota jogja malah akan menggratiskan biaya ktp🙂. Semoga pemkab sleman juga mengikuti langkah tersebut..

5 Comments

  1. wah murah ya ngurus KTP di jogja. Di magelang juga murah ngurus KTP, kasih ke pak Kadus, bayar 10000, kalo ada sisa, buat pak Kadus hehehehe

  2. wah aku blm pernah perpanjang KTP sendiri, biasanya titip ama ibunda tercinta🙂
    setauku (dari cerita ibu), langsung ke kelurahan, dapet surat pengantar trus ke kecamatan deh, ga perlu pak dukuh dan ga perlu sampe 2 pekan, paling lama seminggu.

  3. # amir: iya murah mir, kalo mau urus sendiri. biasanya sih saya nitip ke kadus. berhubung tempo hari yang perpanjang ktp cuma saya, pak kadus nya menyarankan supaya mengurus sendiri. Biasa kalo titip ke pak kadus bayar 10 rebu, kabar terbaru tarif sudah 15 ribu.

    # masadi : iya, bingung nih. kok ada struktur dukuh ya? apa bedanya sama dusun?? rt->rw->kadus/dukuh/lurah?

  4. Wueheeeheee…
    Mantaabb..
    Makasi gan infonya..
    terutama buat saya yg tinggal d daerah Sleman dan sebentar lg harus ngurus perpanjangan KTP…🙂
    Akan segera saya realisasikan saran Anda..😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s