Tren Ketenagalistrikan Masa Depan

Jika berbicara tentang tren ketenagalistrikan untuk masa-masa mendatang, kita bisa memakai kriteria model pencapaian. Dari sisi sistem ketenagalistrikan nasional, setidaknya ada 3 level pencapaian. Suplai energi listrik, keandalan dan kualitas daya .

Level pertama, suplai energi listrik.  Pada level ini, produsen listrik berkewajiban untuk membangkitkan listrik sesuai dengan kebutuhan konsumen listrik. Pada saat ini, PLN ( Perusahaan Listrik Negara ), juga sedang memeperkuat posisinya di level penyuplai daya. Salah satunya dengan mendirikan beberapa pembangkit untuk mencapai target 10 GW ( giga watt ) pada tahun 2009.

Level kedua, adalah aspek keandalan. ada beberapa macam tinjauan untuk keandalan disini. Salah satunya adalah listrik selalu ada disaat konsumen membutuhkan. Berarti kalau sedang tidak dibutuhkan, listrik padam juga tidak masalah, logika terbaliknya bisa seperti itu. Terkait dengan aspek keandalan ini,  kita tidak hanya mengisolir pada bagian pembangkita semata. tetapi lebih luas lagi. dengan memasukkan bagian jaringan transmisi dan distribusi . Khususnya aspek-aspek proteksi sistem tenaga listrik yang berguna untuk menjamin keandalana ( reliability ) sistem tenaga listrik.

Level ketiga, adalah kualitas daya. salah satu contoh aplikasi kualitas daya adalah, adanya harmonisa pada gelombang listrik yang diterima konsumen.  Jika anda dapat membayangkan gelombang sinus sebagai representasi listrik AC ( bolak – balik ) yang masuk kerumah anda, maka gelombang listrik yang anda terima  tidaklah semulus gelombang sinus yang anda bayangkan. Akan ada sinyal-sinyal tambahan di gelombang sinus anda. Tambahan sinyal-sinyal itulah yang disebut sebagai harmonisa.  Harmonisa ini berperan dalam menurunkan kualitas daya dan bisa berasal dari sisi produsen maupun sisi konsumen.

Pembahasan lebih mendalam akan saya lanjutkan pada tulisan-tulisan berikutnya. Tunggu saja…

2 Comments

  1. oke deh Ndo ditunggu… =D
    Apa kabar nih?? Udah kerja di mana Ndo??
    Saya akhir pekan ini insyaAllah mau mampir ke AJ. Anak2 habis UAN kan?

    — agung tea

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s