Ternyata OpenOffice Ndak Susah kok…

Pomeo kalau memakai aplikasi-aplikasi komputer FOSS ( Free and Open Source Software ) susah ternyata tidak berlaku lagi, setidaknya bagi teman saya. Beberapa hari ini, setelah printernya saya bajak ke kamar saya, temen saya ini sering bolak-balik buat ngeprint surat lamaran. Berhubung, installer aplikasi office saya yang bajakan dah kehapus ( sengaja sih.. ) dan niatan untuk mengurangi daftar dosa ke bang bill gates, akhirnya, Microsoft Office saya hapus, saya ganti dengan OpenOffice 2.1 .

Tampilannya sangat mirip, maklum klon dari MS Office… Tetapi, ada beberapa menu yang letaknya tidak sama. Perlu sedikit waktu untuk kenal lebih dekat…

Kembali ke teman saya, selama beberapa kali meng-edit isi dan mencetak surat lamaran, awal-awalnya ada sedikit kesulitan. Maklum, witing tresna jalaran saka kulina ( jaka sembung.. ga nyambung ya ? ) Tetapi akhirnya, beliau bisa juga… Yah, dengan sedikit asistensi dari saya, selaku seniornya di OpenOffice…

Jadi, tidak perlu takut untuk menggunakan maupun bermigrasi ke aplikasi FOSS. Hanya perlu sedikit orientasi dan waktu, dan kalau dikonversi ke rupiah, lebih untung kok. Dibandingkan harus membeli lisensi asli aplikasi-aplikasi komersial tersebut.

Catatan: temen saya itu, anak metalurgi. Spesialis di batubara. kalo mau kontak lowongan kerja ato mau nanya-nanya tentang batubara, bisa lewat saya.

5 Comments

  1. kalau LInux itu sistem operasi ekivalen dengan MS windows atau mac os. sedangkan openoffice itu aplikasi produktivitas ekivalen dengan microsoft office. pake dua-duanya aja ,gung. tar saya bantuin kalo ada kesulitan..

  2. akang Yando, temenmu yg anak metalurgi (Indra kah???) menguasai teknik metal plating (emas, perak, nikel) ga?
    kalo dia bisa, minta tolong ajarin ya, minimal kasih referensi + tutorial singkat lah, hehehe…..

  3. Aku mw tanya. Di jurusanku membuat jurnal harus menggunakan open office , kenapa ya?? Apakah ada yg beda dengam micro. Word? Mohon infonya
    Makasih

Tinggalkan Balasan

