Sabar ( khutbah by Ustadz Iman Abdullah, S.Si)

Masih di salman. Jumat, 16 Maret yang lalu, khutbah di salman dibawakan oleh Ustadz Iman Abdullah. dengan judul Sabar. Jujur aja, saya fikir beliau memang pantas membawakan tema tersebut, karena kapasitas beliau yang pernah mendapat ujian sangat berat dalam ukuran seorang manusia muslim. ( You know lah maksud ai …, ketularan tenaga kerja intelektual Indonesia yang di malaysia ). Secara umum , materinya tidak berbeda jauh dengan materi – materi tentang sabar yang pernah saya dapatkan.

Tetapi , ada yang menarik disini. Khutbahnya sendiri berlangsung cukup lama untuk ukuran di Salman. Karena yang sering di salman, khutbah singkat tetapi shalat Jumatnya panjang. Nah kemarin itu, berbeda. Sebagai gambaran, khutbah dimulai jam 12 dan shalat berakhir 12.4x WIB . Jadi terbayang sendiri sepanjang apa khutbah beliau. dan kalau sudah ada seorang khotib yang cukup lama berdiri di mimbar, ada beberapa ‘sukarelawan” yang memberi kode. Seperti batuk-batuk dan semcamnya, dan hal tersebut tidak dilakukan oleh satu orang tetapi lebih.

Dan kemarin jumat, walaupun khutbahnya panjang, tetapi hanya ada satu orang yang batuk-batuk. entah sengaja atau tidak, sepertinya sih tidak. karena saat shalat jumat, jamaah tersebut juga msaih batuk-batuk, sepertinya. Analisa saya sih , karena materi khutbah tentang kesabaran. Nah , jika ada jamaah yang memberi kode karena tidak sabar, berarti jamaah tersebut akan malu sendiri, karena tidak memperhatikan isi khutbah tersebut.

Atau kondisinya lain. Bisa jadi jamaah salman saat ini sudah berbeda, karena selalu memperhatikan isi khutbah yang diberikan. Sehingga tidak ada jamaah yang “protes”.

Semoga saja, analisa pertama yang salah dan analisa kedua yang sesuai. Amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s