Bahaya Pulsa Murah

Pengen kasih komentar tentang perang tarif antar operator selular, baik cdma maupun gsm.

Akhir-akhir ini, sering sekali seliweran iklan-iklan promo tarif telepon murah via selular. Sebenarnya, program penurunan tarif semacam ini bagus sekali, karena memicu pertumbuhan pengguna ponsel dan layanan selular lainnya. Belum lagi ada promo-promo unik semacam paket sms/ bicara dari XL ( yang sekarang sudah ga ada lagi ), yang intinya mah penurunan tarif yang menguntungkan konsumen.

Sebagai contoh, operator yang sangat gila-gilaan dalam tarif panggilan, untuk cdma ( sesama operator ): fren 600rupiah untuk menit pertama dan 10(atau 25?) untuk menit berikutnya. Esia yang pasang bandrol 1000 perjam bahkan ada promo gratis telepon selama 3 bulan…. ( geleng-geleng kepala )

dan yang lebih heboh, akhir tahun 2006 yang lalu, operator StarOne meluncurkan program “Kulonuwun Jogja” yang pasang tarif 99 rupiah perjam dan 200 rupiah per MB untuk akses internet. Seperti pulsa sudah tidak berharga saja…

Nah, dari pengamatan fenomena perang tarif diatas dan pengalaman terjebak dalam perang tersebut, ada beberapa hal yang saya rasakan , cenderung berbahaya.

1. Perlu diingat, tarif-tarif tersebut, sampai saat ini hanyalah tarif promo, untuk menambah konsumen layanannya. Belum menjadi tarif dasar yang disepakati oleh seluruh operator dengan BRTI ( badan regulasi telekomunikasi Indonesia ). Jadi , ada kemungkinan tarif tersebut tidak berlaku lagi untuk periode mendatang.

2. Masalah klasik sebenarnya, tentang radiasi elektromagnetik ponsel. Meskipun sebagian besar penelitian menyatakan bahwa teknologi ponsel saat ini sudah memenuhi standar kesehatan, saya tetap yakin kalau ponsel itu tetap memiliki dampak bagi kesehatan kita, terutama bagian kepala. Terlebih lagi jika periode pemakaiannya cukup lama.

3. Oke, saya pakai alat bantu. misalkan headset/eraphone. Yah, cukup membantu sebenarnya. tetapi, saya pernah membaca penelitian ( semoga valid ), kalau penggunaan eraphone bisa mengganggu pendengaran anda dalam jangka panjang. tetapi, bisa menjadi solusi terhadap kasus nomor 2 diatas.

3. Penurunan produktivitas.
Kalau anda pernah atau sedang menggunakan promo tarif murah diatas, mungkin anda merasakan penurunan produktivitas harian. Bisa jadi, anda jadi terpaku untuk terus memanfaatkan layanan tersebut, bahkan tidak akan berhenti sebelum mencapai periode 1 jam penggunaan, misalnya.

4. Pemborosan energi listrik.
Nah, untuk yang satu ini, saya sangat perhatian. karena kk ) kelompok keahlian energi, tempat saya bernaung akan cukup pontang-panting dalam membantu PLN memenuhi permintaan listrik masyarakat. Bayangkan kasus seperti ini : anda menggunakan layanan tarif murah sesama operator, kemudian anda menelpon keluarga dipelosok kampung nun jauh di mata. Baru 20 menit berjalan, seluruh anggota keluarga yang ada dirumah sudah anda ajak bicara, bahkan anda dan keluarga sudah kehabisan bahan pembicaraan. Tak ingin menyia-nyiakan kesempatan telpon murah ( aji mumpung niii…), anda mengatakan ke salah seorang anggota keluarga, rehat dulu tetapi jangan ditutup. Mungkin anda membuat minuman atau bersantai-santai dulu, atau aktivitas lainnya. Baru anda lanjutkan lagi.

Tahukah anda, hal tersebut menyebabkan anda sering mengisi ulang baterai ponsel anda. memang kecil konsumsi listriknya (2-20 W) . tetapi, jumlah tersebut akan menjadi besar jika anda berulang kali mengisinya dalam sehari dan hal yang sama dilakukan oleh ribuan orang …

Dan permasalahan diatas akan menjadi semakin kompleks jika sebagian besar aktivitas tersebut tidak dilakukan dalam kerangka kegiatan produktif.

8 Comments

  1. Yang no 2 ama 3 setuju, yang no 1 kok aku belum kepikiran ya. Yang no 4 pernah denger pengalaman temen yang konyol begitu, sampe bosnya di kantor ngamuk lantaran main ponsel mulu. Yang No 5, patut juga dipikirkan dalam-dalam, tapi masak sampe sejauh itu kah??

  2. bingung mo komentara apaan …
    soalnya segala seseatu pasti ada plus minusnya …
    yang jelas kalau tarip telp makin murah …
    kita semua makin senang ….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s