OLEDs dan iMoDs : Alternatif teknologi layar

Anda pernah dengar 2 jenis teknologi di atas ? Belum ?

Baik kita mulai dengan OLEDs ( Organic light-emitting diodes ) yang memanfaatkan fenomnena pada beberapa semikonduktor berbasis karbon mengeluarkan ( emisi ) foton  ketika semikonduktor tersebut diberi muatan. Kedepannya OLEDs ini akan banyak digunakan pada layar fleksibel datar. dengar- dengar sih, Apple akan mengeluarkan next-generation iPodnya menggunakan teknologi OLEDs ini.

Kemudian iMODs merupakan kependekan dari interferometric modulator displays.  Teknologi ini dikembangkan oleh Iridigm Display Corp yang merupakan bagian dari Qualcomm. Teknologi ini memungkinkan layar ini dilihat dibawah sinar matahari secara langsung, sedangkan saat malam hari membutuhkan cahaya belakang (backlighting). Padahal dengan teknologi ini dimulai dengan ide untuk mengeliminasi cahaya belakang (backlighting) supaya konsumsi listrik berkurang.

Di iMods ini, sebuah membran reflectif ditempatkan diatas sebuah lapisan film tebal elektronik pada sebuah substrat gelas. Tegangan konstan mengalir melalui membran dan elektronik pada substrat. pada tegangan ini, membran dan substrat dipeisahkan oleh celah udara dan membran memancarkan cahaya. Disini berarti posisi ” on ” untuk elemen gambar. Sedangkan untuk posisi ” off ” gambar atau suasana gelap, tegangan akan meningkat, menarik membran ke bawah sehingga tidak ada cahaya yang muncul.

sampai saat ini, penelitian terhadap kedua teknologi ini baru mencapai status untuk layar ukuran kecil. Tetapi bukan tidak mungkin dalam beberapa tahun kedepan, teknologi ini akan berkembang untuk layar televisi ukuran besar.

Referensi :
[1] Artikel : Now Showing on the small screen, IEEE spectrum november 2006 INT hal 33.
[2] http://www.qualcomm.com/qmt/technology/index.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s