Yah, terjadi lagi deh ( CDMA 2000-1x dan n 2280 )

anda pemakai layanan ponsel cdma ? kalau iya, pernahkah anda mengalami kejadian ini ?  tiba-tiba saja ponsel cdma anda berubah status menjadi roaming dan tidak dapat digunakan secara normal.

saya pernah jeee…

kejadian pertama saat dikampus…
berhubung saat itu, pulsa gsm saya habis, maka ponsel cdma saya( punya adik sih ), dengan kombinasi n2280 plus fren ( mobile 8 ) dibawa di kampus. Awalnya baik-baik saja keadaannya. sampai saat saya ingin mengirim sandek ( pesan pendek, sms ) ke salah seorang kawan.
Kaget betul saat terlihat ada tulisan roaming ? kok bisa ya ? padahal ini cdma dan di kampus masih ada sinyal fren kok. memang lebih lemah dibandingkan di kamar kos.
Awalnya fenomena itu tidak saya perhatikan. tetapi saat sandek yang sudah ditulis tidak dapat terkirim, wah , perasaan jadi was-was begini. kacau di ponsel atau di kartu ya… Saya coba untuk melakukan panggilan ke nomer lain ( baik fren maupun non fren ) tetap saja tidak bisa… Ada peringatan kalo jaringan lagi sibuk, coba lagi… halah…halah.. kacau. lagi butuh, malah ngambek seperti ini…

terus saya coba untuk mematikan sementara dan menghidupkan kembali. tetapi hasilnya sama saja..
Ya udah deh… sekarang mikir gimana caranya supaya bisa normal lagi.
Besoknya saya ke customer service mobile 8 di bec . nah disana diterima sama mbak-mbak yang baik betul.. pertama diutak atik setting ponsel saya, tapi belum ada hasil. kemudian mbak tersebut mengetik beberapa kombinasi nomor dan jreeng… ponsel saya kembali normal… tulisan roaming telah lenyap tak berbekas dan bisa digunakan secara normal kembali.

kemudian saya tanya ke mbak itu tentang penyebab mogoknya ponsel saya tersebut. Menurut penuturan yang meluncur dari si mbak itu, ada setting ponsel yang saya utak atik.. terus kombinasi nomer yang dicoba itu digunakan untuk mengetahui setting internal dari fren yang saya pakai ( padahal kombinasi itu hanya untuk fren injek saja , yang saya pakai tu ruim ). Dan setelah kombinasi angka itu dipakai, terlihat ada karakter aneh di setting internal. dan si mbak itu langsung menghapusnya. saya pribadi lupa kombinasi yang dipakai dan sepertinya kurang yakin dengan penejalsan itu. karena terakhir kali utak-atik setting  kira2 beberapa hari sebelum kejadian itu. tetapi sudahlah, yang terpenting ponsel itu sudah bisa digunakan lagi. setelah mengucapkan banyak terima kasih ke mbak itu, buru-buru saya keluar dari bec.

kejadian kedua, hari ahad sore 19 nov 2006
tepatnya setelah kembali dari warnet. sesampainya di kamar, saya mengeluarkan barang-barang dari tas, termasuk ponsel. Betapa kagetnya saat ada tulisan roaming lagi seperti kejadian tempo hari. kemudian saya coba menghubungi nomer lain dan hasilnya sama saja. Jaringan sibuk coba lagi beberapa saat. Terus saya coba panggil nomer *999, biasanya akan tampil tulisan total pulsa yang ada dan batas masa aktif nomer tersebut. tetapi hasilnya diluar dugaan saya…
keluar suara operator yang berbunyi : selamat datang di layanan ESIA , …
wah…. lieur euy… masak besok harus silaturahmi lagi sama mbak-mbak di mobile 8 bec lagi.

malamnya, sebelum tidur, saya iseng-iseng utak atik setting ponsel cdma tersebut. pertama setting  profile, ternyata tidak berpengaruh. Kemudian setting jaringan. Disana ada 2 pilihan , yaitu home only dan automatic ( otomatis ). status quonya adalah automatic. saya coba pilih yang home only. kemudian kembali ke menu utama dan… jreng..jreng…
ponsel kembali normal lagi euy… tulisan roaming hilang..
terus, saya coba kembalikan ke setting jaringan otomatis. dan hasilnya tetap normal tuhhh…

Setelah itu, saya coba analisa. Karena setting jaringan otomatis yang saya gunakan, maka kemungkinan besar, saat saya di warnet, sedang ada blank spot di warnet dan ponsel secara otomatis mencari operator jaringan terdekat , dan yang ada di bandung hanya esia. makanya ada tulisan roaming…

betull ga ?

Tinggalkan Balasan

